Jumat, 24 September 21

DPR Membentuk Panja Migas dan Minerba

DPR Membentuk Panja Migas dan Minerba

Jakarta, Obsessionnews – Komisi VII DPR RI berencana membentuk pantia kerja (Panja) Migas dan Minerba guna mendalami banyaknya persoalan disektor pertambangan dan energi. ‎Salah satunya adalah maraknya mafia yang kini tengah banyak diperbincangkan di publik.

‎Hal itu disampaikan oleh anggota Komisi VII Mercy Chriestie Barends dari Fraksi PDI-P di DPR, Senayan, Kamis (21/5/2015). Menurut Mercy kedua panja ini memiliki tugas yang berbeda yang terkait persoalan minyak dan gas bumi kemudian satunya lagi tentang mineral batu bara yang cakupanya lebih luas.

“Panja migas dan minerba. Substansi nya kan beda. Migas berkaitan dengan aspek yang berkaitan dengan persoalan isu migas, minerba untuk mineral dan batubara yang persoalannya sangat banyak,” paparnya.

Nantinya, jelas Mercy, Panja tersebut juga akan dikrucutkan lagi dengan sistem kerja khusus, mengingat banyaknya persoalan yang menyangkut persoalan migas dan minerba.

“Dipisah gini aja, spektrum persoalan masih meluas. Makanya Panja ini kita bikin pengkrucutan persoalan. Nanti ada panja undang-undang migas, panja amandamen migas dan minerba. Satu-satu nanti kita selesaikan,” tandas dia.

Selain itu, Mercy juga mengatakan bahwa kedua panja tersebut langsung aktif melakukan kerja-kerja yang efektif, sehingga DPR lebih mudah memahami dimana sistem yang dimainkan mafia dalam mengambil kekayaan alam Indonesia khususnya dalam bidang migas dan minerba.

“Target tergantung tingkat persoalan yang kita bedah dan cari solusi. Ini bukan saja terkait kebijakan tapi berkaitan dengan investasi asing dan perimbangan daerah. Termasuk kasus yang sifatnya spesifik. Kita juga masih harus listing satu-satu mana yang bisa kita bahas dalam amandemen,” tutup dia‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.