Rabu, 29 Juni 22

DPR Imbau Pemerintah Sungguh-sungguh Lakukan Pembangunan Berkelanjutan

DPR Imbau Pemerintah Sungguh-sungguh Lakukan Pembangunan Berkelanjutan
* Ridwan Hisjam memberikan sambutan di kegiatan International Open Forum (IOF), Towards World Sustainability in Excellence.

Bali, Obsessionnews.com – Pemerintah diimbau sungguh-sunguh melakukan pembangunan berkelanjutan. Sebab hal ini dinilai penting untuk diterapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang.

Setidaknya itu yang menjadi perhatian khusus dan menjadi topik bahasan dalam kegiatan International Open Forum (IOF), Towards World Sustainability in Excellence, yang digelar (28-30) Oktober 2019 di Bali dan dihadiri peserta dari 15 Negara Sahabat.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Ridwan Hisjam yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, terdapat tiga komponen utama dalam pembangunan berkelanjutan yaitu Ekonomi, Sosial dan Lingkungan Hidup atau biasa disebut sebagai triple bottom line.

“Ketiga hal tersebut tidak boleh ada satupun yang dikorbankan dalam menjalankan pembangunan, harus seiring berjalan,” ujar Ridwan Hisjam saat menyampaikan pidato pembukaan. bersama Kepala Badan Sertifikasi Nasional Prof.Bambang, Senin (29/10/2018)

Ia memaparkan, perusahaan sebagai entitas bisnis memiliki potensial yang besar dalam menjalankan perannya untuk pembangunan berkelanjutan. Misal, dalam menjalankan perusahaan perlu memiliki strategi dan kegiatan bisnisnya untuk memikirkan pemenuhan kebutuhan perusahaan dan pemangku kepentingan.

“Dengan tetap senantiasa memperhatikan perlindungan lingkungan hidup, mempertahankan, dan meningkatkan sumber daya manusia dan alam yang akan dibutuhkan di masa depan,” imbuhnya.

Pemerintah kata dia, juga punya PR yang amat penting dalam mengentaskan kemiskinan. Untuk itu diperlukan keseimbangan. “Kita sudah tidak perlu ragu lagi di dalam pelaksanaannya karena sudah ada ISO 26000 yang menjadi acuan pemangkuan kepentingan di dalam pelaksanaan CSR di Indonesia,” jelasnya.

Apalagi, pandangan hidup bangsa Indonesia adalah Gotong Royong, sehingga menjadi semangat yang sudah membumi dan mudah dimaknai oleh semua komponen masyarakat.

“Dan yang sangat penting adalah para pelaku ekonomi bisnis, baik pelaku bisnis yang sudah sangat besar sampai dengan usaha menengah dan mikro,” jelasnya

“Model gotong royong dan kebersamaan ini akan jadi landasan kerja dalam memantapkan hubungan antara perusahaan dengan lingkungan dan masyarakat di jalur yang tepat ke depan,” tutup politisi Partai Golkar tersebut. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.