Kamis, 9 Desember 21

DPR: Gerakan Anti Tembakau Lindungi Kepentingan Asing

DPR: Gerakan Anti Tembakau Lindungi Kepentingan Asing

Jakarta, Obsessionnews – Ketua Panja RUU Pertembakauan DPR RI, Firman Subagyo menyayangkan adanya gerakan antitembakau dibalik RUU Pertembakauan. Menurutnya, mereka yang menolak sejatinya telah melindungi pengusaha asing yang melakukan ekspansi pasar ke Indonesia.

“Gerakan antitembakau melakukan propaganda hiperbolis yang dikendalikan oleh perusahaan asing untuk mematikan sektor tembakau yang strategis di Indonesia,” kata Firman di Gedung DPR Senayan, Selasa (28/6/2016).

Firman menduga, para aktivis anti tembakau ini telah dimanfaatkan oleh asing, sehingga mereka takut apabila RUU Pertembakauan disahkan menjadi UU. Padahal ia mengklaim, poin-poin dalam RUU tersebut melindungi petani tembakau Indonesia.

“Mereka mengendalikan orang-orang penting di negara ini untuk merusak Indonesia,” tegas dia.

Politikus senior Golkar itu menjelaskan, RUU Pertembakauan ini diharapkan dapat memperbaikin segala aspek. Seperti, pengelolaan tembakau baik dari sisi budidaya, kepentingan petani, produksi, tata niaga, penerimaan negara, ketenagakerjaan, maupun aspek kesehatan.

Firman yang juga Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI mengatakan RUU Pertembakauan masuk dalam RUU Prolegnas Prioritas tahun 2015 dan 2016. Ia Baleg sudah cukup mendapatkan masukan dari berbagai pihak, seperti Komnas Pengendalian Tembakau, pelaku usaha pabrik, kelompok tani, serta kepala daerah. Meski demikian, sejak awal Baleg belum mengesahkan di Paripurna DPR kali ini.

Firman menjamin, RUU itu nantinya bertujuan untuk melindungi rakyat terutama petani tembakau. “Yang jelas UU ini tidak ada keberpihakan kepada kepentingan pengusaha, tapi mengatur hulu dan hilirnya pertembakauan di Indonesia,” kata Firman. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.