Rabu, 25 Mei 22

DPR Dukung Menteri Nasir Berantas Mafia Ijazah Palsu

DPR Dukung Menteri Nasir Berantas Mafia Ijazah Palsu
* Ridwan Hisjam

Jakarta, Obsessionnews – Komisi X DPR RI yang membidangi pendidikan mendukung penuh tekad Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menistek-Dikti) M Nasir memberantas mafia ijazah palsu.

Menurut Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ir HM Ridwan Hisjam, pihaknya juga mengingatkan agar Kementerian Ristek-Dikti kembali mengaktifkan desk ijazah palsu. Melalui desk ini masyarakat bisa mengakses langsung informasi dan data mahasiswa yang akan lulus di sebuah perguruan tinggi.

“Komisi X mendukung penuh Menristek Dikti memberantas praktik ijazah palsu dan perguruan tinggi yang tidak berhak mengeluarkan ijazah,” tegas Ridwan Hidjam, Rabu (23/9/2015).

Ridwan menuturkan, dengan adanya desk ijazah palsu kejadian wisuda yang sudah berjalan padahal belum ada izin dari koordinasi perguruan tinggi swasta (Kopertis) tidak akan terjadi.

Terbongkarnya kasus jual beli ijazah palsu tak hanya kali ini terjadi. Awal Juni tahun ini terungkap sebuah praktik jual beli ijazah palsu yang diduga dilakukan dengan menggunakan nama perguruan tinggi ternama yakni Universitas Barkley terbongkar.

Sepekan kemudian Menristek Dikti membentuk Satuan Tugas Pemberantasan Ijazah Palsu. Target utama Satgas adalah memberantas habis para pemegang ijazah palsu, baik di kalangan PNS ataupun swasta.

Cara kerjanya, Satgas akan menelusuri database di Kemeristek Dikti untuk memetakan perguruan tinggi yang diduga melakukan praktik jual beli ijazah atau menerbitkan ijazah palsu. Setelah data terkumpul akan dilakukan penyelidikan secara mendalam. (dtc/Ali).

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.