Sabtu, 25 September 21

DPR Bentuk Tim Pengawas Intelijen

DPR Bentuk Tim Pengawas Intelijen

Jakarta, Obsessionnews – Ketua Komisi I DPR RI, Mahfudz Siddiq mengatakan, pihaknya berencana membentuk tim pengawas intelijen. Sebab selama ini kerja Badan Intelijen Negara ‎dinilai belum mendapat pengawasan yang ketat selain di DPR.

Menurut Mahfudz, nantinya tim ini akan ‎mengawasi kasus-kasus tertentu. Hal itu juga sesuai dengan amanat Undang-Undang MPR DPR, DPD dan DPRD (MD3) yang mengizinkan adanya tim pengawas di BIN sebagai mitra kerja dari Komisi I.
“Beriringan dengan uji kepatutan kepala BIN yang baru, Komisi I juga akan mengajukan pembentukan pengawasan intelijen,” ujarnya, di DPR, Senin (15/6/2015).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyebut, nantinya tim ini b‎eranggotakan 14 orang, yang terdiri dari sepuluh perwakilan masing-masing fraksi dan empat pimpinan Komisi I. Dalam waktu dekat ini sambungnya, Komisi I akan segera menyusun peraturan pengawasan.

“Peraturan DPR-nya sudah disahkan, tinggal Komisi I nanti yang mengusulkan nama-nama yang akan duduk di tim pengawas intelijen DPR ini,” ujar politisi PKS itu.

Meski demikian, Mahfudz enggan memberi tahu kasus apa yang nantinya akan mendapat pengawasan dari Komisi I. Ia hanya mengatakan, tim pengawas hanya akan menyelidiki jika terjadi penyelewengan terkait tugas dan fungsi intelijen. ‎

“Sejauh ini kan belum ada satu kasus yang dimunculkan oleh pemerintah maupun DPR yang perlu investigasi secara khusus. Tapi kalau tim ini terbentuk, ini akan bisa mengatisipasi jika suatu waktu ada indikasi tindak intelijen,” jelasnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.