Senin, 29 November 21

DPKLTS, Walhi dan LSM Tolak Waduk Jatigede

DPKLTS, Walhi dan LSM Tolak Waduk Jatigede

Bandung, Obsessionnews – Dewan Pemerhati Kehutanan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS), Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jabar dan sejumlah LSM  menolak pembangunan waduk Jatigede Sumedang. Penolakan tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Walhi Dadan Ramdani, Sabtu (25/7).

“Gubernur Jabar begitu gencar menyebutkan bahwa tidak ada permasalahan dalam pembangunan waduk tersebut, namun kaum lingkungan hidup dan budayawan merasakan banyaknya permasalahan di kawasan tersebut,” ujar Dadan.

Ada 40 ribu KK di kawasan tersebut yang terpaksa harus pindah, selain itu banyak situs yang terganggu dikawasan tersebut. Hal yang sama juga disampaikan Koordinator DPKLTS Topan, pihaknya sudah menyampaikan keberatan kepada Presiden SBY beberapa waktu lalu.

“Pembangunan waduk Jatigede didanai World Bank, namun setelah mundur gerakan kita agak kecolongan dengan adanya China sebagai pendana proyek tersebut, bahkan kondisinya lebih parah karena tidak ada jalan keluar bagi masyarakat sekitar atau tanpa solusi,” papar Topan.

jatigede waduk

Pihaknya juga menyayangkan banyaknya situs yang hancur akibat pembangunan tersebut. Hal yang sama juga dikatakan perwakilan Yayasan Sunda Sadulur Ambu yang mengaku di lokasi waduk Jatigede Sumedang juga sudah tersebar lobang-lobang air bertuliskan Pertamina, diprediksi pengeboran itu untuk kebutuhan air waduk yang mulai diairi dan diresmikan Presiden Jokowi pada 1 Agustus mendatang.

Walhi dan kelompok terkait yang menolak pembangunan waduk dijadwalkan akan menggelar aksi damai pada 29 Juli 2015 di Komplek Pemkab Sumedang, 30 Juli 2015 di Gedung Sate Bandung dan 31 Juli 2015 di Istana Negara, Kementerian PU dan Kedubes China di Jakarta. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.