Jumat, 30 Oktober 20

Dosa-dosa Suami yang Sering Terjadi, Namun Jarang Disadari

Dosa-dosa Suami yang Sering Terjadi, Namun Jarang Disadari
* Drs. H. Tb Syamsuri Halim, M.Ag.

Oleh: Drs. H. Tb Syamsuri Halim, M.Ag, Pimpinan Majelis Dzikir Tb. Ibnu Halim, dan Dosen Fakultas Muamalat STAI Azziyadah Klender

Di dalam rumah tangga terdapat perbedaan kedudukan bagi suami dan istri, sebagaimana kewajiban suami terhadap istri dan kewajiban istri terhadap suami. Namun demikian, istri memiliki posisi yang istimewa, terutama bagi mereka yang dapat menjadi ciri-ciri istri shalihah, sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

الدُّنْيَا كُلُّهَا مَتَاعٌ, وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الزَّوْجَةُ الصَّالِحَةُ

“Dunia itu penuh dengan kenikmatan. Dan sebaik-baik kenikmatan dunia yaitu istri yang shalihah”.

Sedangkan kedudukan kaum laki-laki dalam rumah tanggal dijelaskan dalam firman Allah subhanahu wa ta’ala berikut ini:

“Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuz-nya, maka nasihatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar,” (QS. An-Nisa [4]: 34).

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3 4 5 6

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.