Jumat, 2 Desember 22

Dorongan Terhadap KPK untuk Tetapkan Boediono Tersangka Tak Boleh Politis

Dorongan Terhadap KPK untuk Tetapkan Boediono Tersangka Tak Boleh Politis
* Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Jakarta, Obsessionnews.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD berharap dorongan publik agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan Gubernur Bank Indonesia, Boediono sebagai tersangka tidak berdasarkan kepentingan politik.

“Sebaiknya tidak dikaitkan dengan situasi politik sekarang. Hukum itu harus ditegakkan seperti apapun situasi politik,” ujar Mahfud di Jakarta, Minggu (22/4/2018).

Mahfud memang tak menampik bahwa unsur politis bisa kemungkinan terjadi, mengingat saat ini sedang memasuki tahun politik. Namun, penegakan hukum menurut dia harus berdasarkan pada bukti permulaan yang cukup.

Mahfud mengatakan, penetapan tersangka oleh KPK harus memenuhi syarat minimal dua alat bukti. Tanpa hal itu, KPK tidak akan pernah menetapkan seseorang sebagai tersangka.

“Pengadilan pada akhirnya memvonis berdasarkan alat bukti yang diajukan. Nah, kalau alat bukti awal tidak ada, ya nanti sia-sia juga dijadikan tersangka,” kata Mahfud.

Sebelumnya, PN Jakarta Selatan mengeluarkan putusan praperadilan terkait kasus ini. Dalam amar putusan praperadilan, hakim memerintahkan KPK menetapkan mantan Gubernur BI Boediono beserta pihak-pihak lainnya sebagai tersangka.

Boediono cs diduga terlibat kasus korupsi dalam pemberian persetujuan penetapan pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) kepada PT Bank Century. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.