Senin, 17 Januari 22

Dorong Peningkatan Ekonomi di Wilayah Ponelo Kepulauan, Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah dan PTSL

Dorong Peningkatan Ekonomi di Wilayah Ponelo Kepulauan, Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah dan PTSL
* Wakil Menteri ATR/Waka BPN Surya Tjandra, menyerahkan sertifikat tanah dari program Redistribusi Tanah hasil pelepasan kawasan hutan dan PTSL secara simbolis kepada 10 perwakilan masyarakat Desa Tihengo, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. (Foto: Humas Kementerian ATR/BPN)

Gorontalo Utara Obsessionnews.com – Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Surya Tjandra menyerahkan sertifikat tanah dari program Redistribusi Tanah hasil pelepasan kawasan hutan dan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara simbolis kepada 10 perwakilan masyarakat Desa Tihengo, Kecamatan Ponelo Kepulauan, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Rabu (29/09/2021).

Turut hadir, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Gorontalo, Wartomo; Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin; Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu; Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran; dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dalam sambutannya, Wamen ATR/Waka BPN menjelaskan bahwa program Redistribusi Tanah merupakan tanah yang diberikan oleh pemerintah kepada rakyat dengan tujuan dapat mencegah konflik terkait status tanah. Begitu pula dengan PTSL, ia juga menjelaskan, program PTSL merupakan program pemerintah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan sertifikat tanah dengan biaya ditanggung pemerintah.

“Sertifikat tanah sangat penting bagi para pemilik tanah, apalagi tujuan PTSL salah satunya adalah untuk menghindari sengketa serta perselisihan di kemudian hari,” ujar Surya Tjandra diterima obsessionnews.com pada Jumat (1/10).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pekan depan akan ada pertemuan Asosiasi Kepala Daerah Kepulauan di Provinsi Bangka Belitung. Melihat kondisi geografis Kabupaten Gorontalo Utara, Wamen ATR/Waka BPN mengajak Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dapat ikut serta dalam pertemuan tersebut.

“Saya harap kabupaten di wilayah pesisir utara Provinsi Gorontalo ini, dapat menjadi contoh daerah kepulauan yang mampu mengelola keberadaan pulau yang dimiliki, baik yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni, menjadi nilai tambah untuk kemajuan daerah. Karena laut yang luas dan pulau yang banyak di daerah ini, perlu dijaga dan dilestarikan sebagai aset berharga untuk masa depan daerah dan rakyatnya,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengungkapkan rasa syukurnya atas kunjungan Wamen ATR/Waka BPN di wilayah kepemimpinannya. Ia optimistis, kunjungan ini dapat memotivasi masyarakat dalam meningkatkan usaha riil yang dilakoni, khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak dalam pengolahan rumput laut sebagai komoditas utama di wilayah Kecamatan Ponelo Kepulauan.

“Penyerahan sertifikat tanah Redistribusi dan PTSL ini kami harapkan agar dapat dimanfaatkan masyarakat khususnya pelaku UMKM dalam meningkatkan modal usahanya. Apalagi sertifikat tanah dapat dimanfaatkan sebagai akses permodalan melalui pihak perbankan,” kata Indra Yasin.

Dalam kunjungan tersebut, Wamen ATR/Waka BPN juga melakukan peninjauan lokasi pelaku UMKM di Desa Tihengo, sekaligus berdialog dengan masyarakat yang tergabung dalam unit usaha berbasis komunitas Karya Bersama. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.