Rabu, 24 April 24

Dorong Ekspor di Tengah Pandemi, Kemendag Luncurkan Pameran Virtual TEI 2020

Dorong Ekspor di Tengah Pandemi, Kemendag Luncurkan Pameran Virtual TEI 2020
* Acara peluncuran pameran virtual Trade Expo Indonesia (TEI) ke–35. (Foto: Kemendag)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Perdagangan (Kemendag) meluncurkan pameran virtual Trade Expo Indonesia (TEI) ke–35 yang dijadwalkan berlangsung pada 10-16 November 2020 mendatang.

Peluncuran pameran virtual TEI ke–35 berlangsung secara virtual pada Senin (21/9/2020). Mengusung tema ‘Sustainable Trade in the Digital Era’, Pameran Virtual TEI ke-35 ini merupakan salah satu langkah strategis Kemendag untuk terus mendorong ekspor di tengah pandemi Covid–19.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, Direktur Utama PT Debindo Multi Adhiswasti Budiarto Linggowijono, pimpinan asosiasi, dan instansi terkait lainnya.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, dengan penerapan pembatasan fisik yang diakibatkan pandemi Covid-19, Kementerian Perdagangan melakukan terobosan baru dengan menggelar ajang TEI berkonsep virtual.

“Tujuannya, untuk terus mendorong keberlanjutan dan peningkatan promosi produk, mengembangkan jejaring bisnis dan investasi, serta menyajikan pameran produk unggulan Indonesia, terutama di masa yang penuh tantangan ini,” kata Agus dalam keterangan tertulisnya yang diterima obsessionnews.com, Selasa (22/9).

Dia menjelaskan, melalui sistem daring para peserta dan pengunjung pameran virtual ini akan diberikan sajian pengalaman sebagaimana lazimnya pameran TEI sebelumnya.

Para pengunjung juga tetap dapat melakukan interaksi bisnis yang berpotensi meningkatkan aktivitas perdagangan, khususnya untuk ekspor produk dan jasa.

“Pameran virtual TEI ke–35 ini akan ditampilkan dalam bentuk game-play platform standar, yaitu tampilan rangkaian gambar tiga dimensi (3D) dengan fitur-fitur sebagaimana layaknya bermain gim interaktif,” ucap Agus.

Menurut dia, pameran virtual TEI ke–35 akan menampilkan berbagai produk ekspor unggulan, produk jasa potensial, serta peluang investasi Indonesia yang terbagi dalam lima kategori, yaitu sektor jasa; produk manufaktur; furnitur dan produk kerajinan; makanan dan minuman; serta fesyen dan aksesoris.

Promosi dan sosialisasi TEI ini ke negara-negara mitra dilakukan Kementerian Perdagangan melalui kolaborasi dan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, termasuk kantor perwakilan RI dan perwakilan perdagangan di luar negeri.

Selain itu, juga bekerja sama dengan pihak terkait lainnya seperti investor, importir, distributor, pedagang grosir (wholesaler), pedagang ecer
(retailer), agen pembelian, serta perwakilan perusahaan asing dan domestik di Indonesia. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.