Selasa, 23 April 24

Donnarumma Unggul Sebagai Kiper Terbaik Dunia

Donnarumma Unggul Sebagai Kiper Terbaik Dunia
* Gianluigi Donnarumma. (Ist)

Gianluigi Donnarumma telah mengalahkan Edouard Mendy dalam perebutan penghargaan Lev Yashin 2021 untuk kiper terbaik di sepakbola Eropa.

Meski harus bersaing di PSG, tapi kejayaan di masa sebelumnya bersama timnas Italia dan AC Milan membuat Donnarumma jadi yang terbaik.

Donnarumma telah menikmati peningkatan pesat dan menjadi kiper terkenal dalam beberapa tahun terakhir, setelah memulai debutnya untuk AC Milan sebagai pemain berusia 16 tahun pada tahun 2015.

Pemain internasional Italia ini meninggalkan San Siro untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain di musim panas lalu. Donnarumma membantu Rossoneri kembali ke Liga Champions dan memainkan peran kunci dalam perjalanan timnas Italia untuk berjaya pada Euro 2020.

Donnarumma menjadi kiper kedua yang memenangkan Trofi Yashin setelah Alisson dari Liverpool, dengan pemain Brasil itu meraih hadiah perdana pada 2019 sebelum penghargaan ini sempat dibatalkan pada tahun berikutnya.

Donnarumma, 22 tahun, juga masuk dalam daftar pendek terakhir untuk Ballon d’Or, memperoleh suara mayoritas setelah mencatat 14 clean sheet dalam 45 pertandingan di semua kompetisi untuk Milan saat mereka finis kedua di Serie A musim lalu, dan melaju hingga final Euro 2020.

Eksploitasinya dengan Italia memegang bobot paling penting, saat ia bermain di semua tujuh pertandingan mereka di Euro lalu, termasuk final – di mana ia menyelamatkan dua penalti saat tim Roberto Mancini mengalahkan Inggris dalam adu penalti yang dramatis.

Chelsea No.1, Edouard Mendy, kalah tipis dari Gianluigi Donnarummma dalam pemungutan suara terakhir, meskipun musim debut yang luar biasa ia catatkan pada. kompetisi sepakbola Inggris.

Penjaga gawang Senegal itu mencatatkan 16 clean sheet dalam 31 penampilannya di Liga Primer Inggris untuk The Blues, dan sembilan lainnya di Liga Champions saat pasukan Thomas Tuchel sukses memenangkan trofi pada Mei lalu.

 

Liga Primer juga diwakili beberapa nama yang masuk sepuluh besar, di antaranya kiper Manchester City Ederson, Kasper Schmeichel dari Leicester dan bintang Aston Villa Emiliano Martinez, dengan kiper Bayern Munich Manuel Neuer, Thibaut Courtois dari Real Madrid, Keylor Navas dari PSG, Jan Oblak dari Atletico Madrid dan kiper veteran Inter Milan, Samir Handanovic melengkapi daftar. (Goal.com/Red)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.