Jumat, 17 September 21

Dollar Zimbabwe Benar-benar Babak Belur

Dollar Zimbabwe Benar-benar Babak Belur

Jakarta, Obsessionnews – Kalau dibanding Zimbabwe, anjloknya mata uang Indonesia belum ada apa-apanya. Sebab bank sentral negara di Afrika ini bilang, minggu depan, warga yang punya rekening dengan kurs dollar Zimbabwe, bisa menukarkan dengan dollar Amerika Serikat.

Asal tahu saja, kurs 170 kuadriliun dollar Zimbabwe bisa ditukar seharga USD 5. Satu kuadriliun, sama artinya dengan 1.000 triliyun.

Zimbabwe sendiri, mulai menggunakan duit asing seperti dollar AS ayau rand Afrika Selatan sejak tahun 2009 lalu. Ini, dilakukan setelah mata uang negara tersebut hancur berantakan lantaran digilas hiperinflasi yang mencapai 500 milyar % pada 2008.

Pada puncak krisis tahun 2008, warga Zimbabwe kudu membawa duit dalam karung untuk sekedar belanja kebutuhan pokok. Harga-harga, setidaknya naik dua kali dalam sehari di negara tersebut.

Gubernur Reserve Bank of Zimbabwe (RBZ) John Mangudya mengatakan, mulai Senin pekan depan, warga yang menyimpan dollar Zimbabwe pada rekeningnya dapat menghubungi bank untuk menukarkan uang ke dalam bentuk dollar AS.

Pemilik uang senilai hingga 175 kuadriliun dollar Zimbabwe bisa menukar senilai 5 dollar AS. Sementara mereka yang memiliki uang dengan nilai di atas 175 kuadriliun dollar Zimbabwe bisa menukarkannya ke dollar AS dengan kurs 35 kuadriliun dollar Zimbabwe per dollar AS.

RBZ bilang, warga yang masih menyimpan dollar Zimbabwe lama bisa datang ke bank mana saja dan menukarkan uangnya ke dollar AS dengan kurs 250 triliun dollar Zimbabwe per dollar AS. Dengan proses konversi ini, dollar Zimbabwe secara resmi tak lagi dipakai.

Warga Zimbabwe harus menunggu hingga September nanti untuk menukarkan uang tunai (bank notes). Kini, sebagian warga mulai menjualnya sebagai suvenir kepada para turis. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.