Rabu, 1 Desember 21

Dollar Masih Digemari, Rupiah Bisa Babak Belur

Dollar Masih Digemari, Rupiah Bisa Babak Belur

Jakarta, Obsessionnews – Ada beberapa cara jitu agar para pengusaha dan individu di dalam negeri mau menggunakan mata uang rupiah pada setiap transaksi, sesuai amanat Undang-Undang nomor 7 tahun 2011.

Pertama, menurut Wahyu Perdana Santosa, direktur riset keuangan Capital Price, dengan membangkitkan rasa nasionalisme setiap warga Indonesia. Artinya, pemerintah perlu melakukan sosialisasi lebih gencar lagi bahwa memakai rupiah pada setiap transaksi di dalam negeri sangat efektif untuk memperbaiki perekonomian di dalam negeri.

“Pemerintah perlu menjelaskan manfaatnya. Juga kepada individu-individu. Sebab untuk bayar hotel di wilayah perbatasan pun, pengelola hotel lebih menggemari Dollar ketimbang rupiah,” kata Wahyu kepada obsessionnews.com melalui sambungan telepon.

Cara kedua yaitu, pada penegakkan pelaksanaannya. Ini, menurut Wahyu, diperlukan koordinasi yang baik antara pembuat kebijakan dengan penegak hukum. Sebab menurut dia, pemerintah Cuma mengetatkan formalitas namun di sisi pengawasan serta pengendalian masih lemah.

“Cepat atau lambat, dollar akan dapat katalisator terhadap penguatannya karena permintaannya terus meningkat,” kata dia. (MBJ)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.