Sabtu, 25 September 21

Dituntut 10 Tahun Penjara, OC Kaligis Siap Ajukan Pembelaan

Dituntut 10 Tahun Penjara, OC Kaligis Siap Ajukan Pembelaan

Jakarta, Obsessionnews – Otto Cornelis Kaligis dituntut hukuman 10 tahun penjara dalam perkara penyuapan kepada hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan. Tuntutan itu dibacakan jaksa KPK dalam sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2015).

Kaligis dianggap terbukti menyuap hakim dan panitera PTUN Medan untuk mengabulkan gugatan atas surat penyelidikan dan surat panggilan permintaan keterangan oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara terkait dugaan korupsi dana bantuan sosial.

Perbuatan Kaligis terancam pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 6 ayat 1 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 65 ayat 1 KUHP.

“Menuntut terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan pertama,” ujar jaksa Yudi Kriatiana.

Jaksa menegaskan, penyangkalan Kaligis memberikan duit tahap pertama ke Tripeni sebesar SGD 5 ribu usai pertemuan tersebut, terbantahkan. Karena itu, Tak hanya dihukum badan, Kaligis juga dituntut membayar denda Rp 500 juta subsider empat bulan kurungan.

“Terdakwa menyangkal, tapi keterangan Tripeni Irianto Putro yang telah menerima uang SGD 5 ribu berkesesuaian dengan keterangan Gary yang menyatakan saat tiba di Medan, terdakwa memerintahkan Gary mengambil tas terdakwa kemudian saksi membawa tas slempang ke lantai 2 dan menyerahkan ke terdakwa,” kata Jaksa.

Adapun hal yang memberatkan tuntutan jaksa karena Kaligis dianggap memberi keterangan yang berbelit-belit, tidak menyesal melakukan tindak pidana korupsi serta sebagai advokat kaligis tidak menunjukkan sikap taat pada hukum dan kode etik advokat.

Menanggapi, tuntutan tersebut Kaligis menyatakan siap menyampaikan nota pembelaan pada persidangan pekan depan. OC akan melakukan berbagai cara untuk meyakinkan majelis hakim bahwa dirinya tidak bersalah seperti yang didakwakan jaksa KPK.

“Saya akan berjuang, pembelaan akan saya siapkan pekan depan,” ungkap Kaligis usai sidang. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.