Sabtu, 16 November 19

Ditunjuk Sebagai Menkominfo, Berikut Profil Jhonny G Plate

Ditunjuk Sebagai Menkominfo, Berikut Profil Jhonny G Plate
* Menteri Johnny dalam acara serah terima jabatan (Sertijab) dengan Menteri Kominfo periode 2014 – 2019 di Ruang Anantakupa Kementerian Kominfo, Rabu (23/10/2019). (Foto: Dokumen KemKomInfo)

Jakarta, Obsessionnews.com – Johnny G Plate mewakili masyarakat dari Nusa Tenggara Timur (NTT) yang kini sukses menjadi tokoh nasional. Pria kelahiran Ruteng, Kabupaten Manggarai, NTT, 10 September 1956 itu mampu menunjukkan dirinya sebagai tokoh yang sukses di berbagai bidang. Dari seorang pengusaha, menjadi politisi handal, sampai dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Kiprah politik Jhonny dimulai saat ia bergabung dengan Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI). Ia sempat dipercaya sebagai Ketua Mahkamah PKDI hingga 2013. Setelah itu, Johnny hijrah ke Partai Nasdem. Lalu pada Pemilu 2014, suami Maria Ana ini maju sebagai calon legislatif dan lolos ke Senayan. Ia ditempatkan di Komisi XI membidangi keuangan, perencanaan pembangunan nasional, perbankan, dan lembaga keuangan bukan bank di DPR RI untuk periode 2014-2019.

Tak hanya itu, Jhonny juga mendapat kepercayaan sebagai Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) XI, anggota Badan Anggaran, dan anggota Badan Musyawarah DPR RI, hingga Ketua Departemen Energi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup DPP Nasdem. Kariernya di Nasdem menanjak. Pada 2017, ia ditunjuk oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menjadi Sekjen baru menggantikan yang lama untuk meneruskan periode 2013-2018. Saat itu Wajah Jhonny kerap tampil menghiasi media nasional tanah air untuk membicarakan isu-isu politik.

Karier Jhonny pun terus melejit, ia tegas memposisikan diri sebagai kader Partai NasDem yang sejak awal konsisten mendukung pemerintahan Jokowi. Bahkan pada Pemilu 2019, Jhonny masuk dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk memenangkan kembali Jokowi sebagai Presiden. Ia pun kembali maju sebagai anggota DPR pada pemilihan legislatif 2019, dan berhasil kembali terpilih sebagai anggota DPR. Ia ditunjuk sebagai Wakil Ketua MPR dari NasDem.

 

Halaman Selanjutnya 

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.