Senin, 29 November 21

Dituduh Bohong Soal Cedera, Pacquiao Dituntut

Dituduh Bohong Soal Cedera, Pacquiao Dituntut
* Komisi Olah Raga Nevada (NAC) mengatakan bahwa Pacquiao tidak menyebutkan dirinya sedang menderita cedera saat mengisi formulir sebelum laga berlangsung. (bbc.co.uk)

Las Vegas – Manny Pacquiao harus menghadapi tuntutan hukum lantaran dirinya dituduh membohongi masyarakat mengenai cedera bahu yang dideritanya sebelum pertarungan melawan Floyd Mayweather Jr di Las Vegas, Negara Bagian Nevada, Amerika Serikat, akhir pekan lalu.

Kasus ini bermula ketika Komisi Olah Raga Nevada (NAC) mengatakan bahwa Pacquiao tidak menyebutkan dirinya sedang menderita cedera saat mengisi formulir sebelum laga berlangsung.

Padahal, salah satu pertanyaan dalam formulir yang ditandatangani Pacquiao secara spesifik menanyakan apakah sang petinju memiliki cedera pada bahu, siku, atau tangan yang memerlukan evaluasi atau pemeriksaan.

“Bukan hanya dia tidak mengisi formulir secara lengkap, tapi juga dia tidak jujur. Dua jam sebelum pertarungan, mereka menginginkan suntikan peredam rasa sakit. Ini membuat kami berada pada posisi yang tidak pasti,” kata Direktur Eksekutif NAC, Bob Bennett.

Formulir itu sendiri memiliki konsekuensi hukum. Setelah menandatangani, sang petinju bersumpah di bawah hukum bahwa informasi di atas benar.

Tak pelak, beberapa saat setelah NAC mengemukakan bahwa Pacquiao berbohong soal cederanya, dua orang di Nevada mengajukan tuntutan. Mereka menuding Pacquiao membohongi pembeli tiket laga, penonton televisi, dan para pejudi.

Jika Pacquiao terbukti bersalah, dia bisa dipenjara selama satu hingga empat tahun serta denda sebesar US$5.000 atau setara dengan Rp65,2 juta.

Pacquiao mengaku sulit melontarkan tinju kanan ke Mayweather Jr akibat cedera bahu. (bbc.co.uk)
Pacquiao mengaku sulit melontarkan tinju kanan ke Mayweather Jr akibat cedera bahu. (bbc.co.uk)

Pemberitahuan
Di sisi lain, tim Pacquiao dan promotor Top Rank menyatakan cedera petinju asal Filipina tersebut telah diinformasikan kepada Badan Anti-Doping AS (Usada) sebelum laga melawan Mayweather Jr berlangsung.

Mereka mengklaim seorang dokter dari Usada memberikan ijin penggunaan obat anti-pembengkakan yang tidak mengandung stereoid. Namun, NAC tidak memperbolehkannya karena mereka tidak mengetahui cedera bahu Pacquiao.

“Ini mengecewakan mengingat tim Pacquiao telah memaparkan soal cedera dan pengobatannya kepada Usada yang kemudian memberikan ijin. Manny bahkan telah menyebutkan mengenai penggunaan obat dalam formulir medis sebelum bertarung,” sebut pernyataan bersama tim Pacquiao dan Top Rank.

Kepada stasiun televisi olah raga ESPN, dokter bedah Neal ElAttrache mengatakan Pacquiao memiliki otot yang robek di bagian bahu. Akibatnya, menurut ElAttrache, Pacquiao harus beristirahat memulihkan diri selama sembilan hingga 12 bulan.

Dalam pertarungan melawan Mayweather Jr, Pacquiao kalah angka. Seusai laga, Pacquiao mengatakan cedera bahu membuatnya sulit melontarkan tinju kanan ke arah Mayweather Jr. (BBC Indonesia)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.