Sabtu, 1 Oktober 22

Ditemukan Jenazah Saddam Hussein Utuh?

Ditemukan Jenazah Saddam Hussein Utuh?
* Saddam Hussein. (Foto: abc)

Jakarta, Obsessionnews.com – Masyarakat dikejutkan tentang beredarnya video jenazah Presiden ke-5 Irak Saddam Hussein yang masih utuh. Padahal pemimpin Irak tersebut telah dimakamkan sejak Desember 2006 di mausoleum (makam) di Desa Al Awjah, Irak.

Dalam video itu terlihat jelas wajah pria kelahiran Al Awjah ini yang terbalut kain kaffan. Ia juga sedang dishalatkan oleh warga di sebuah masjid.

Saddam yang kala itu tewas berusia 69 tahun ini digantung di Pangkalan Militer AS di Kazimain, Baghdad. Ia dimakamkan di Al Awjah setelah Presiden Amerika Serikat saat itu, George Walker Bush secara pribadi mengizinkan pemulangan jasad Saddam dari Baghdad ke Al Awjah.

Dilansir dari alarabiya, jasad Saddam hingga saat ini tak pernah ditemukan setelah ia dimakamkan. Bangunan makam Saddam porak-poranda saat konflik antara pejuang oposisi dan militer Iraq pada tahun 2014 lalu.

Saat itu pula kubur Saddam yang berkuasa 24 tahun di Irak tersebut yang dahulunya banyak dikunjungi oleh para kerabat dan pendukungnya, kini tinggal puing-puing bangunan yang berserakan.

Makam Saddam Husein dikatakan telah hilang, bersama dengan makam putra-putranya yang ikut dibunuh pada Juli 2003 oleh Amerika.

Unit paramiliter penjaga makam Hashd mengatakan, makam itu telah dihancurkan oleh angkatan udara Irak. Mereka berpikir bahwa tubuh Saddam masih berada di bawa puing-puing makam tersebut.

Sementara kepala keamanan setempat Jaafar al-Gharawi bersikeras dan mengklaim mayat Saddam masih terkubur di bawah reruntuhan.

Sumber lain mengatakan yakni salah seorang pejuangnya berspekulasi bahwa putri Saddam yang bernama Hala, telah terbang dengan pesawat pribadi dan membawa mayat ayahnya ke Yordania.

Seperti dilansir BBC pada 16 Maret 2015, mausoleum megah di Desa Al Awja kini hanya tersisa onggokan pilar penyangga atap. Namun, tak ada jasad ditemukan di sana. Tahun 2014 lalu, kabarnya, warga Sunni setempat telah memindahkan jenazah Saddam ke lokasi yang dirahasiakan.

Berita tentang Saddam Hussein menjadi trending topic di mesin pencari Google. Pantauan Obsessionnews.com di Google Trends wilayah Indonesia, Kamis (19/4/2018) pukul 14.00 WIB, berita tersebut dicari lebih dari 10.000 kali. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.