Minggu, 23 Januari 22

Ditekuk Barca, Allegri Kritik Pertahanan Juventus

Ditekuk Barca, Allegri Kritik Pertahanan Juventus
* Pelatih Juventus Massimiliano Allegri.

Pelatih Juventus Massimiliano Allegri kurang puas terhadap lini pertahanan timnya saat takluk 3-0 dari Barcelona di laga perdana Grup D Liga Champions, Rabu (13/9) dini hari WIB.

Messi menjadi bintang kemenangan Blaugrana sekaligus melampiaskan dendam kekalahan lawan Juventus di Liga Champions musim lalu.

Barcelona gagal menaklukkan Juventus musim lalu, tapi kini Lionel Messi menciptakan hasil yang berbeda di Camp Nou.

Juventus mampu membuat Barca tidak berdaya selama 180 menit sehingga mereka sukses menang agregat 3-0 di laga perempat-final Liga Champions musim lalu, tapi kini juara Serie A Italia itu harus mengakui keunggulan klub raksasa Spanyol tersebut.

Gol brilian dari Lionel Messi membawa Barca unggul di penghujung babak pertama, di babak kedua mereka bahkan mampu tampil lebih mendominasi lagi.

Messi turut berperan dalam gol kedua Barca yang Ivan Rakitic ciptakan, bintang asal Argentina itu kemudian mampu mencetak gol keduanya di laga ini. Pertahanan Juve yang tidak diperkuat Giorgio Chiellini yang cedera, dan Leonardo Bonucci yang telah hengkang ke AC Milan, nampak kehilangan kekuatannya.

“Kami bermain bagus di babak pertama tapi ketika Anda bermain di laga seperti ini, Anda harus bisa memaksimalkan kesempatan,” ujar Allegri seperti dikutip dari Goal Internasional.

“Kami tidak melakukannya dan kemudian kami dihukum di akhir babak pertama. Ironisnya kami kebobolan tiga gol dari serangan balik tapi ini adalah kesalahan terburuk kami karena seharusnya kami bisa tetap kompak setelah Barcelona mencetak gol.”

“Tentu mereka memiliki pemain yang bisa mengubah jalannya setiap laga, tapi kami seharusnya menampilkan yang lebih baik di babak kedua.”

“Anda tidak bisa berharap bisa datang ke sini dan mendominasi jalannya laga, jadi kami harus lebih baik lagi dalam hal mental, selalu mencoba tetap fokus di pertandingan meski segalanya nampak sulit.”

“Jika Anda memberikan ruang untuk Messi, Anda akan dihukum.”

Lionel Messi dihadang dua pemain Juventus. (goal.com)

Barca Gunduli Juve 3-0

Barcelona membuka kampanye mereka di Liga Champions musim ini dengan meyakinkan setelah membukukan kemenangan 3-0 atas Juventus di Camp Nou, Rabu (13/9) dini harwi WIB. Hasil ini sekaligus membalas sakit hati mereka disingkirkan Juventus di perempat-final edisi musim lalu.

Sama-sama menatap laga ini dengan bekal tren positif, kedua tim menyuguhkan permainan menarik sejak awal permainan dengan Barcelona lebih banyak memegang penguasaan bola ketimbang Juventus.

Hanya saja, meski lebih dominan dalam menguasai bola, pasukan Ernesto Valverde tak begitu efektif dalam menyerang. Justru Juventus yang lebih mengancam gawang tuan rumah melalui dua tembakan ke gawang dalam periode 15 menit pertama.

Menit ke-20, Barcelona punya kans terbuka untuk bisa unggul setelah adanya pelanggaran Blaise Matuidi pada Andres Iniesta. Eksekusi tendangan bebas Lionel Messi sedikit di luar kotak penalti membentur pagar hidup dan bola sambaran Luis Suarez secara cemerlang ditepis Gianluigi Buffon.

Momentum permainan Juventus mulai terganggu dengan cedera yang dialami Mattia De Sciglio, Stefano Sturaro masuk mengisi posisi bek kanan yang bukan favoritnya. Hal itu dimanfaatkan Barcelona utuk bisa membuka keunggulan beberapa saat sebelum turun minum berkat sepakan mendatar Messi setelah umpan satu dua dengan Suarez.

Aksi positif Messi setelah membobol gawang Buffon untuk pertama kali dalam kariernya berlanjut di awal babak kedua dan hampir menggandakan keunggulan apabila tembakannya dari luar kotak penalti tak digagalkan tiang gawang. Bola sempat membentur tubuh Buffon, namun beruntung bagi Juventus karena kemudian meninggalkan lapangan.

Dominasi tekanan yang terus dilancarkan Barcelona membuat pertahanan Juventus semakin goyah dan kembali bobol pada menit ke-56. Berawal dari pergerakan Messi, umpan silangnya menciptakan kemelut dan bisa dihalau Andrea Barzagli, tapi bola liar yang dieksekusi Ivan Rakitic bersarang ke gawang Juventus.

Organisasi permainan Juventus semakin kacau setelah tertinggal dua gol dan alih-alih bangkit mengejar skor, justru mereka kembali kecolongan melalui aksi individu Messi pada menit ke-69 setelah tembakan kaki kirinya yang meneruskan umpan Iniesta membuat Buffon terpaku.

Suarez sempat membuat publik Camp Nou bersorak keempat kalinya, tapi golnya dianulir setelah posisi Jordi Alba sebagai pengumpan off-side. Dalam sepuluh menit akhir, Juventus terus mencari gol konsolasi, termasuk memainkan penyerang muda Fabrizio Caligara, tapi hasilnya nihil.(*/goal.com/Red)

Baca Juga:

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.