Rabu, 20 Oktober 21

Dispora Pontianak Bangun Kemandirian Pemuda

Dispora Pontianak Bangun Kemandirian Pemuda

Pontianak – Sebuah Kota yang maju bukan dilihat dari banyaknya bangunan megah, tetapi ditopang juga pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang hebat di dalamnya. Pembangunan tersebut diperlukan waktu yang cukup lama dan berkelanjutan. Diperlukan terobosan dan inovasi dalam kinerja pemerintah daerah dan disinergikan dengan kelompok-kelompok masyarakat yang kreatit serta memiliki daya saing lokal maupun internasional. Demikian dikatakan Ir. Syarif Saleh Alkadrie, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), kepada obsessionnews.com di ruang kerjanya, Kamis (29/1).

Sejak dilantik sebagai Kadispora Pontianak tahun 2014, institusi kepemudaan yang dipimpinnya saat ini bergerak cepat dengan melakukan pembangunan fasilitas kolam renang secara multi years. Kolam renang nanti berfungsi sebagai pusat pembinaan olahraga dan pemuda di Pontianak.

Lulusan Agronomi Universitas Tanjungpura Pontianak, yang juga merupakan keturunan kesultanan Kadriyah Pontianak ini, sangat mengerti dengan daerah tempat kelahirannya dan kultur budaya masyarakat melayu Pontianak yang khas.

Menurutnya, pihak melakukan pembinaan kepada kelompok wirausaha pemuda (KWP), program pertukaran pemuda antar bangsa, program kreativitas pemuda, serta pemuda bangun desa/kelurahan.

Pada tahun 2015 program Dispora lebih menekankan pada bidang kewirausahaan. Mengapa kewirausahaan? “Karena kita perlu pemuda yang mandiri, penuh kreativitas, dan mampu melakukan inovasi dalam produk-produk yang dihasilkan. Kita berupaya menciptakan pengusaha dan tokoh pemuda yang bisa bersaing di dunia internasional , seperti Raja Sapta Oktohari, putera Oesman Sapta Oedang, pengusaha Kalbar, yang mampu menjadi Ketua Hipmi Pusat periode 2011-2015,” papar Syarif.

Berkaitan dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan berlaku Desember 2015, Syarif berharap pemuda Pontianak khususnya dan Indonesia pada umumnya mampu memiliki daya saing dalam menciptakan produk-produk unggulan daerahnya. Karena Indonesia negara kaya akan sumber daya alam yang terkandung di dalamnya, dengan memaksimalkan potensi itu Insya Allah kita akan bisa lebih maju dan menjadi sentral ekonomi pasar global dunia. (Ahmad Saufi)

Related posts