Jumat, 24 September 21

Disperindagkop Gandeng Anak Muda Bersihkan Pasar

Disperindagkop Gandeng Anak Muda Bersihkan Pasar

Pontianak, Obsessionnews – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Pontianak, Kalimantan Barat, melakukan bakti sosial dengan melakukan pembersihan Pasar Flamboyan, Sabtu (21/11).

Disperindagkop/UKM mengadeng beberapa pihak seperti Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak, Bank Kalbar, Asosiasi pedagang beserta organisasi mahasiswa dan pemuda di Kota Pontianak.

“Kerja bakti membersihkan pasar flamboyan tersebut, dinas mengadeng organisasi kepemudaan serta pedagang dalam rangka membersihkan pasar menuju pasar Sejahtera (Sehat, Hijau, Bersih dan Terawat),” kata Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Pontianak. Haryadi S Triwibowo kepad Obsesionnews, Minggu (22/11).

bersih pasar2

Hal ini diungkapkannya usai kegiatan tersebut yang melibatkan organisasi yang terlibat dalam bakti sosial tersebut seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Komunitas Sahabat Cita Khatulistiwa, Asrama Mahasiswa Ketapang dan Kayong  Utara.

“Dalam kerja bakti tersebut, kita membersihkan saluran air, lapak-lapak jualan para pedagang dan lantai-lantai supaya tercipta lingkungan pasar yang bersih dan sehat. Kita berharap pedagang juga memperhatikan hal itu sehingga konsumen merasa nyaman untuk belanja di Pasar Flamboyan ini,” jelas Haryadi.

“Pasar Famboyan optimis menuju pasar dengan berstandar nasional Indonesia (SNI), dengan memiliki indikator ketercapaian pasar yang bersih, sehat, rapi, sirkulasi udaranya bagus, tidak lembab dan hijau,” tambahnya.

Bujang Effendi, mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak mengatakan, kegiatan bakti sosial dalam rangka pembersihan pasar merupakan kegiatan positif dan berkelanjutan dalam rangka menjadikan pasar tempat yang nyaman dan sehat baik oleh pedang sendiri maupun pembeli yang berkunjung.

bersih pasar3

Bujang mengatakan, kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh Disperindagkop dan UKM Kota pontianak layak diapresiasi dalam rangka menjadikan pasar dengan standar SNI,.

“Sederhana saja, kalau pasar bersih pasti pengunjungnya banyak yang suka dan bisa dijadikan objek wisata alternatif selain tempat sebagai tempat belanja menjadikan pasar tempat yang banyak hiburan,” ujar ketua Himpunan Mahasiswa Kayong Utara ini.

Menurutnya, banyak organisasi pemuda dan mahasiswa maupun komunitas kreatif yang ada di Kota Pontianak membuat hal serupa. Seperti aksi penghijauan, bersih-bersih parit dan sungai dan kegiatan-kegiatan lainnya.

bersih pasar4

Gerakan tersebut masih sangat minim dan perlu kolaborasi yang lebih besar agar bukan hanya sebuah aksi rutinitas semata, akan tetapi lebih kepada penanaman nilai-nilai dan budaya bersih dan mejaga kelestarian lingkungan dengan membuang sampah dengan tidak sembarangan.

“Semua orang berkewajiban menjaga lingkungan agar tetap sehat dan bersih, menuju Kota Pontianak yang asri,” harapnya. (Saufi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.