Rabu, 29 September 21

Diskusi Saring Pimpinan KPK Digelar di 10 Kota

Diskusi Saring Pimpinan KPK Digelar di 10 Kota

Semarang, Obsessionnews – Kekosongan sosok pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ideal masih menjadi pemikiran sebagian besar masyarakat. Untuk menjawab keinginan tersebut, Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi bermaksud menggelar Diskusi Publik di 10 Kota di Indonesia, salah satunya adalah Kota Semarang.

Panitia pelaksana di Kota Semarang, Eko Haryanto menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan sekaligus untuk mencari kandidat ideal bagi Ketua KPK 2015-2019 yang kemudian dipersiapkan sebagai calon Pimpinan KPK. Diharapkan, publik dapat memahami dan terlibat aktif terkait proses seleksi dengan memberi masukan kepada Pansel terkait nama-nama calon kandidat yang potensial untuk memimpin KPK.

“Serta akan muncul peran serta masyarakat dalam mengawal proses seleksi sejak tahapan di Pansel hingga Parlemen. Untuk itu kami menantang masyarakat Jawa Tengah yang memiliki jiwa bersih dan ingin memberantas korupsi agar hadir diacara tersebut,” terang Eko, Senin (15/6/2015).

Menurutnya, topik dan pembicara akan diisi oleh Enny Nurbaningsih selaku Anggota Panitia Seleksi Pimpinan KPK dan Perwakilan Koalisi Masyarakat Sipil, Henry Siahaan dan Adnan Topan Husodo. Acara akan dilaksanakan pada 18 Juni mendatang di Hotel Santika. Sebagai informasi, Kota Semarang merupakan Kota ke enam setelah Balikpapan dan dilanjutkan Pontianak.

Sementara itu, Direktur Program Transparency International Indonesia (TII), Ilham B. Saenong menambahkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga anti-rasuah terbilang tinggi. Bahkan publik menganggap lembaga KPK tidak pandang bulu dalam memberantas korupsi. Namun demikan hal itu menyebabkan KPK mengalami banyak serangan dan upaya penghancuran.

“Maka melalui acara ini bermanfaat untuk sosialisasi proses seleksi pimpinan KPK periode 2015-2019 ke masyarakat dan kelompok ahli atau profesional,” pungkasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.