Selasa, 7 Mei 24

Diskop Sumbar Sediakan Dana Subsidi untuk Bazar Murah

Diskop Sumbar Sediakan Dana Subsidi untuk Bazar Murah

Padang, Obsessionnews – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop UMKM) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyediakan dana subsidi Rp27 juta untuk pelaksanaan bazar murah dalam rangka membantu masyarakat agar memperoleh barang kebutuhan dengan harga murah jelang Idul Fitri 1436 Hijriah.

Plt Kepala Diskop UMKM Sumbar Zirma Yusri, mengatakan bazaar murah digelar di halaman kantor setempat di Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang yang dimulai tanggal 1 sampai 4 Juli 2015. Subsidi yang dikucurkan sehingga harga jualnya tidak sama dengan yang dijual di pasaran.

Anggaran subsidi untuk sejumlah komoditi yang dijual selama bazar murah bersumber dari dana APBN. Sejumlah komoditi yang disubsidi antara lain, telur, daging sapi, beras, dan ayam potong.

“Barang kebutuhan yang disubsidi tidak semua yang dijual. Sedangkan yang dijual mulai kebutuhan pokok, makanan, hingga pakaian. Yang kita subsidi yakni telur per pak disubsidi Rp 5 ribu, daging sapi harganya disubsidi Rp 10 ribu per Kg, beras Rp 10 ribu per 5 Kg, ayam potong Rp 5 ribu per potong,” kata Zirma Yusri saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (29/6).

Pelaku usaha yang ikut berpartisipasi selama kegiatan bazar diadakan sebanyak 150 orang. Pelaku usaha tersebut, merupakan pelaku usaha kecil binaan Diskop dengan harapan selain mendapat keuntungan dari produk yang dijualnya, melainkan juga bisa mempromosikan produknya ke masyarakat luas.

“Bazar ini kegiatan sudah rutin diadakan setiap tahun dan sudah ditunggu-tunggu. Pelaku usaha yang berminat kita seleksi dan tidak semua yang mendaftar diterima,” ujar Zirma.

Ia mengatakan, pelaku usaha yang mendaftar untuk mengikuti bazar murah sudah mencapai 200 orang. Sedangkan daya tampung lokasi berjumlah 150 pelaku usaha

Bazar murah selama empat hari itu rencananya dibuka oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Bazaar dibuka untuk umum, khususnya bagi masyarakat berekonomi menengah ke bawah. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.