Selasa, 26 Oktober 21

Disdukcapil Pontianak Verifikasi Data Kependudukan

Disdukcapil Pontianak Verifikasi Data Kependudukan

Pontianak, Obsessionnews – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak, Kalimantan Barat, setiap hari melakukan verifikasi data kependudukan. Ditemukan sekitar 200 – 300 jiwa data ganda setiap bulannya. Verifikasi data kependudukan itu penting untuk keperluan pemilihan umum (pemilu), kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dan lain sebagainya.

Tahun 2013 ditemukan 1.200 jiwa data ganda. Data ganda tersebut disebabkan warga tersebut pindah ke kelurahan lain di Pontianak, dan ada juga yang pindah ke luar Pontianak. Namun, mereka tidak melaporkan kepindahannya kepada pengurus RT.

“Kami berharap pengurus RT membantu mengawasi warganya yang pindah ke daerah lain dan yang masih menetap di RT itu,” kata Kepala Disdukcapil Kota Pontianak Suparma kepada obsessionnews.com di ruang kerjanya, Senin (9/2).

Disdukcapil tak hanya memverifikasi data ganda, tetapi juga melakukan gebrakan baru dalam menyosialisasikan e-KTP, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, dan akta kematian melalui buku, radio dan TV lokal. Hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Suparma dilantik menjadi Kepala Disdukcapil Pontianak oleh Walikota Pontianak Sutarmidji pada Oktober 2013. Di bawah kepemimpinannya tahun 2014 pelayanan akta kelahiran melampaui target dari 85 % menjadi 92%. Demikian pula pelayanan KK melebihi target dari 82% menjadi 86%.

Pria ini mengenyam pendidikan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Regional Pontianak tahun 1985. Setelah tamat dari IPDN ia melanjutkan pendidikan ke Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta tahun 1992. Selanjutnya mengambil program Magister Ilmu Sosial Jurusan Ilmu Administrasi dan tamat tahun 2005. (Ahmad Saufi)

Related posts