Senin, 19 April 21

Dirut LPDB Braman Setyo Usung Tri Sukses Asian Games 2018

Dirut LPDB Braman Setyo Usung Tri Sukses Asian Games 2018
* Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan UMKM (LPDB-KUMKM) Braman Setyo saat diwawancara wartawan.

Jakarta, Obsessionnews.com – Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan UMKM (LPDB-KUMKM) Braman Setyo mengusung tri  sukses dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. Di mana Indonesia menjadi tuan rumah bagi pesta olahraga tingkat se-Asia itu untuk kedua kalinya sejak tahun 1962, atau saat Indonesia baru berumur 17 tahun. 

Tri sukses yang dimaksud, yakni sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses pemberdayaan ekonomi. Tri sukses Asian Games ini sebagai duplikasi dari konsep tri sukses yang dimiliki LPDB-KUMKM, yakni sukses penyaluran, sukses pemanfaatan, dan sukses pengembalian pinjaman/pembiayaan dana bergulir oleh mitra koperasi dan UMKM. 

“Saya kira semangat untuk menyambut Asian Games 2018 ini merupakan momentum yang luar biasa, karena di Asian Games ini menurut pandangan saya selaku Direktur Utama LPDB-KUMKM ada tiga visi (sukses) yang akan ditempuh,” kata Braman di sela pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Kementerian Koperasi dan UKM di Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Dengan mengusung sukses penyelenggaraan, Braman berharap perhelatan Asian Games 2018 ini bisa berjalan baik. Asian Games ke-18 ini akan diselenggarakan di Indonesia pada 18 Agustus – 2 September 2018, di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang, serta provinsi Jawa Barat dan Banten sebagai tuan rumah pendukung. 

“Sukses di dalam penyelenggaraan, artinya penyenggaraan ini karena Indonesia merupakan tuan rumah. Dengan kesiapan-kesiapan yang sudah lama dilakukan kita harapkan Asian Games kali kedua di Indonesia ini bisa terlaksana dengan baik,” ujar Braman. 

Dalam hal sukses prestasi, Braman berharap atlet Indonesia yang berlaga dalam ajang tersebut dapat menorehkan prestasi terbaik demi mengharumkan nama bangsa, paling tidak tim Indonesia bisa masuk dalam daftar 10 besar perolehan medali, sebagaimana yang juga menjadi target dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pemerintah berharap bahwa atlet Indonesia yang berlaga di Asian Games 2018 ini bisa masuk 10 besar. Oleh karena itu, saya berharap target itu bisa tercapai,” tandasnya. 

Sedangkan sukses pemberdayaan ekonomi yang dimaksud Braman bahwa kegiatan olahraga ini bisa memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi di tingkat provinsi dan nasional, penyerapan tenaga kerja, serta meningkatkan pendapatan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dikatakan peran UMKM bisa mendorong daya beli dan konsumsi untuk merangsang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Tentunya berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi, LPDB punya kepentingan di sana, bagaimana nantinya akan bisa tumbuh ekonomi di daerah-daerah yang menjadi tuan rumah,” papar dia. 

Khusus di Jakarta, ada sebanyak 10 UKM yang telah mengajukan pinjaman dana bergulir kepada LPDB-KUMKM. Saat ini UKM mitra tengah mempersiapkan diri menyambut Asian Games 2018 dengan memproduksi aneka t-shirt. Braman mengapresiasi inisiatif tersebut sebagai upaya untuk menciptakan nilai tambah bagi mereka. 

“Kami dapat laporan khusus di DKI, bahwa sejak tahun 2015 ada UKM yang dapatkan dana bergulir dari LPDB sudah mempersiapkan t-shirt. Saya kira ini menjadi suatu trigger untuk bisa dikembangkan di kemudian hari,” tambahnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.