Rabu, 29 Juni 22

Dirut BTN Optimis Sejuta Rumah Terealisasi Tahun Ini

Dirut BTN Optimis Sejuta Rumah Terealisasi Tahun Ini

Jakarta, Obsessionnews.com – Semua orang Indonesia kini berkesempatan memiliki rumah. Karena Presiden Joko Widodo telah mencanangkan Program Sejuta Rumah (PSR) untuk seluruh masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal.

PSR merupakan gerakan bersama antara Pemerintah Pusat, Daerah, Dunia Usaha (pengembang) dan masyarakat. Ini untuk mewujudkan kebutuhan akan hunian, khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yaitu masyarakat yang berpenghasilan 2,5 – 4 juta.

Ini berdasarkan kajian dari rendahnya daya beli masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah subsidi melalui KPR,  karena adanya kewajiban uang muka sebesar 10%. Perkreditan juga terjalin dengan merangkul bank plat merah, yaitu Bank Tabungan Negara (BTN).

Selain itu alasannaya, kurang kondusifnya regulasi yang terkait dengan pertanahan dan perijinan yang dirasakan memberatkan pengembang khususnya pengembang yang akan membangun rumah bagi MBR.

Tak heran, era Jokowi memerintah untuk mengupayakan menciptakan daya beli masyarakat dengan menurunkan kewajiban uang muka menjadi 1% dari harga jual rumah. Turut memberikan bantuan subsidi langsung kepada MBR berdasarkan tingkat kemampuan ekonomi.

Namun, sejauh mana program itu berjalan? Hingga Juli 2017, BTN telah merealisasikan kredit pemilikan rumah untuk 400 ribu unit rumah di antara total program satu juta unit rumah tahun ini. Pencapaian itu berkat kerja sama BTN dengan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi).

Direktur Utama BTN, Maryono mengatakan  pelaksana salah satu Nawacita Jokowi ini optimis bisa mencapai target.

“Kalau melihat capaian itu, saya rasa, kami bisa melampaui target,” kata belum lama ini.

Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, realisasi Program Sejuta Rumah hingga awal Agustus mencapai 449 ribu unit rumah atawa baru 44,9 persen dari target tahun ini.

“Selama 2015 dan 2016, total realisasi program sejuta rumah telah 1,5 juta unit. Untuk 2017, hingga Agustus, realisasinya sudah 449 ribu unit,” ujar Basuki kepada wartawan di Jakarta, Jumat (11/8/2017). (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.