Senin, 23 September 19

Diresmikan Jokowi, Esemka Mampu Memproduksi 18.000 Unit Kendaraan Pertahun

Diresmikan Jokowi, Esemka Mampu Memproduksi 18.000 Unit Kendaraan Pertahun
* Presiden Jokowi bersama para menterinya saat mengunjungi Pabrik Mobil ESEMKA di Boyolali. (Foto : Setneg)

Boyolali, Obsessionnews.com – Jumat (6/9/2019) menjadi hari bersejarah bagi dunia otomotif nasional. Sebab, pada momen ini PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) akan melakukan proses peresmian dari pabrik sekaligus meluncurkan satu produknya, yakni Esemka Bima 1.2 dan Bima 1.3, di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para menterinya sudah tiba Solo untuk meresmikan mobil Esemka. Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto yang turut mendampingi mengatakan, hadirnya pabrik Esemka di Jawa Tengah diharapkan bisa mendobrak kebangkitan industri otomotif nasional.

“Esemka jadi pabrik mobil pertama di Jawa Tengah, karena biasanya basis produksi itu ada di Jawa Barat. Hadirnya Esemka tentu bisa memacu perindustrian dan ekonomi di wilayah ini dan Jawa Tengah, apalagi dengan penyerapan SDM yang berasal dari tenaga lokal,” kata Airlangga di pabrik Esemka, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Airlangga mengatakan, untuk tahap awal Esemka akan memproduksi dan bermain di segmen kendaraan niaga ringan. Modelnya adalah pikap yang diberi nama Bima dengan pilihan mesin 1.200 cc dan 1.300 cc.

Sementara untuk jumlah sumber daya manusia (SDM) sampai saat ini diklaim mencapai 300 orang untuk produksi satu shif. Adapun secara kemampuan, pabrik Esemka mampu memproduksi sebanyak 18.000 unit pertahun. Namun kebutuhan itu masih bisa disesuaikan.

“Esemka juga sudah mengandeng beberapa industri komponen lokal, termasuk yang ada di daerah Jawa Tengah. Artinya hadirnya Esemka apalagi produk lokal juga ikut mengeliatkan komponen lokal,” ujar Airlangga.

Sampai saat ini, TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) Esemka sendiri sudah mencapai 60 persen. Airlangga optimis bila ke depan Esemka bisa meningkatkan jumlah produksi seiring peningkatkan kandungan TKDN-nya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.