Kamis, 22 Oktober 20

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Alex J. Sinaga

Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Alex J. Sinaga
* Alex J. Sinaga.

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) di bawah kepemimpinan Alex J. Sinaga terus melakukan inovasi berkelanjutan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, serta melakukan percepatan penetrasi pasar, antara lain melalui Indie Home. Hal tersebut guna mendukung terwujudnya Indonesia Digital Society, di mana semakin banyak masyarakat Indonesia yang mendapat kemudahan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan akses internet yang cepat, stabil, dan andal, yang juga bertujuan meningkatkan daya saing Indonesia di era pasar global.


Menjadikan perusahaannya sebagai operator paling disegani di dunia, adalah impian Direktur Utama Telkom Indonesia Alex J Sinaga. Meski obsesinya sempat terganggu oleh putusan pailit yang menerpa Telkomsel, baginya putusan itu malah semakin memacunya untuk berkiprah lebih baik lagi terlihat dari capaiannya yang terus meningkat pada kuartal I 2017 Telkom mencatat pertumbuhan triple double digit untuk pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) dan laba bersih.

Perusahaan di bawah kepemimpinannya, pendapatan terus tumbuh hingga 12,6% dibandingkan periode yang sama 2016 atau menguat dari Rp 27,54 triliun menjadi Rp 31,02 triliun. Pertumbuhan EBITDA dan laba bersih juga meningkat 14,7% dan 45,8% dari kuartal I 2016 mencapai Rp 16,81 triliun dan Rp 6,69 triliun secara berturut-turut.

Selain itu, kinerja pada Maret 2017 pertumbuhan pelanggan Indie Home meningkat 32% menjadi 1,78 juta pelanggan dari periode yang sama di 2016. Telkomsel selaku entitas anak usaha juga membukukan kinerja cemerlang di tiga bulan pertama 2017 ini dengan mencatatkan pendapatan sebesar Rp 22,30 triliun.

Pria kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara, 27 September 1961 ini, terus memberikan sumbangsih terhadap Pemerintah Pusat dan Daerah, dalam bentuk menyediakan smart city melalui penyediaan infrastruktur broadband dan solusi berbasis cloud di 219 kota, itu semua dilakukanya sebagai bentuk komitmen untuk membangun masyarakat digital Indonesia dan mendukung upaya pemerintah menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital di Asia Tenggara.

Telkom juga turut serta mendukung perekonomian industri Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan menyediakan platform digital melalui e-commerce blanja.com. Digitalisasi industri UMKM melalui platform blanja.com menjadikan sebuah peluang bagi para pelaku usaha di seluruh wilayah Indonesia untuk dapat bersaing di tingkat global. Untuk itu, Telkom akan tetap fokus mengembangkan bisnis digital seiring dengan kebutuhan masyarakat guna mengentaskan kesenjangan digital di seluruh wilayah Indonesia.

Penghargaan pun sering didapatkan perusahaan plat merah ini, diantaranya Telkom dinobatkan sebagai Indonesia Most Innovative Business Award 2017 untuk kategori Telekomunikasi. Penghargaan ini diberikan oleh Tim Riset Warta Ekonomi yang menilai Telkom telah menghasilkan berbagai inovasi, diantaranya seperti produk IndiHome maupun T-Cash serta Jaringan 4G pada anak perusahaannya, Telkomsel. Selain itu, Telkom dinilai berhasil mempertahankan pertumbuhan double digit, mendorong bisnis digital dan memperluas bisnis hingga mancanegara. (Bal)

Artikel ini dalam versi cetak dimuat di Majalah Men’s Obsession edisi Agustus 2017.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.