Selasa, 24 Mei 22

Direktur IMF akan Diadili Terkait Pembayaran ke Pengusaha

Direktur IMF akan Diadili Terkait Pembayaran ke Pengusaha
* Christine Lagarde mengajukan banding atas keputusan pengadilan sebelumnya. (BBC)

Washington – Direktur Dana Moneter Internasional, IMF, Christine Lagarde, akan diadili terkait pembayaran negara kepada taipan Prancis, Bernard Tapie.

Lagarde dianggap ‘lalai’ dalam pembayaran sebesar US$434 juta atau Rp6 triliun kepada Tapie pada tahun 2008 lalu, ketika dia masih menjabat menteri keurangan.

Seperti dilansir BBC, keputusan pengadilan banding ini membuatnya untuk datang ke pengadilan khusus untuk menteri kabinet.

Kasus ini berawal dari keputusannya untuk menyelesaikan perselisihan di luar pengadilan dengan Tapie -pendukung Presiden Nicolas Sarkozy saat itu- yang menuntut bank Credit Lyonnais dengan alasan menipunya karena dengan secara sengaja menjatuhkan nilai perusahaan ketika menjual saham miliknya di Adidas.

Banyak yang berpendapat jumlah yang harus dibayar pemerintah -yang memiliki saham di Credit Lyonnais- akan lebih kecil jika sengketa hukum diselesaikan lewat pengadilan.

Lagarde -yang selalu membantah tuduhan atasnya- mengajukan banding di pengadilan sebelumnya dan hasil pengadilan banding ini tampaknya merupakan pukulan baginya.

Dalam wawancara dengan kantor berita AFP di Washington, awal bulan ini, Lagarde kembali menegaskan dia tidak bersalah.

“Saya selalu bertindak sesuai dengan hukum dan yang selalu ada di benak saya adalah kepentingan umum.”

Jika dinyatakan bersalah, maka Lagarde terancam hukuman satu tahun penjara dan denda sebesar 15.000 euro atau sekitar Rp200 juta. (BBC)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.