Rabu, 22 September 21

Direktur BI Diperiksa, KPK: Ada Buku Besar BI yang Sedang Dicari

Hasan S

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter (DKM) BI, Dody Budi Waluyo terkait kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) kepada Bank Century, senilai Rp 6,7 triliun. Dody diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Deputy Bidang IV Pengelolaan Devisa BI, Budi Mulya.

“Dody jadi saksi untuk BM (Budi Mulya),” kata Kabag Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha di gedung KPK, Jln. HR Rasuna, Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (26/6/2013).

Terkait penyidikan kasus Century, Selasa kemarin KPK melakukan penggeledahan di kantor BI di jalan MH Thamrin, Jakarta. Dalam penggeledahan ini, KPK mencari buku besar BI yang berisi catatan transaksi aliran dana terkait pemberian dana talangan ke Bank Century. Pencarian buku besar atau log book sebenarnya sudah dilakukan KPK sejak lama.

“Ada buku besar BI yang sedang dicari. Informasinya itu berisi catatan-catatan aliran dana terkait pemberian dana talangan ke Bank Century. Ke mana saja aliran dana tersebut,” kata Wakil Ketua KPK, Adnan Pandu Pradja.

KPK menurunkan 45 lebih personel untuk menggeledah kantor BI tersebut. penggeledahan dilakukan di beberapa direktorat di BI, di antaranya Direktorat Moneter dan Direktorat Pengawasan Perbankan.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.