Rabu, 20 November 19

Diperkuat Ronaldo, Portugal Dibantai Ukraina

Diperkuat Ronaldo, Portugal Dibantai Ukraina
* Ukraina 2-1 Portugal. (ist)

Meski diperkuat bintang sepakbola Ronaldo, tim raksasa Portugal ternyata dikalahkan oleh Ukraina dalam pertandingan kualifikasi Piala Eropa.

Ukraina memantapkan posisi sebagai pemuncak klasemen grup B setelah mereka mengatasi perlawanan Portugal dengan skor 2-1 pada lanjutan pertandingan kualifikasi Piala Eropa grup B, Selasa (15/10).

Meskipun mengalami kekalahan, Ronaldo membukukan rekor gol ke-700 lewat sepakan penalti di menit ke-73.

Kemenangan ini membuat anak asuh Andriy Shevcenko ini mengemas 19 poin dan berjarak delapan poin dengan portugal di posisi kedua.

Di sisi lain, meskipun mengalami kekalahan, gol yang dibuat Ronaldo pada menit ke-73 membuat pemain Juventus tersebut mampu mencetak 700 gol selama berkarir di sepakbola profesional.

Babak Pertama
Di menit ketiga Portugal langsung mendapatkan peluang emas dari tendangan bebas dengan sudut yang enak untuk Ronaldo. Namun, tembakan itu justru diumpan kepada Danilo Pereira dan sundulan gelandang Porto itu masih melambung.

Ukraina melakukan serangan balik yang berbuah tendangan sudut, siapa sangka dari peluang yang sebenarnya tidak berbahaya itu, Roman Yaremchuk membuka skor memanfaatkan bola rebound hasil kemelut dari sebuah tendangan sudut di menit ketujuh.

Tekanan yang masif dan dukungan dari publik tuan rumah seperti membuat Portugal panik. Keadaan ini membuat Fernando Santos terus meneriakkan semangat kepada anak asuhnya.

Tendangan bebas didapatkan lagi oleh Portugal di menit ke-11 usai Joao Mario dijatuhkan. Tetapi, untuk kali kedua sepakan Ronaldo masih gagal masuk ke gawang lawan.

Di menit ke-16, Nelson Semedo lolos hingga kotak penalti dan dia berhasil menusuk hingga berdiri bebas untuk memberikan umpan cut-back.
Beruntung, di wilayah pertahanan Ukraina masih adalah Taras Stepanenko yang mampu melakukan intersep yang kemudian membuang bola jauh-jauh.

Di menit ke-27 Ukraina kembali menambah gol. Berawal dari sebuah serangan cepat di sisi kiri, Vitaliy Mykolenko berhasil mengirimkan umpan silang datar yang dieksekusi oleh Andriy Yarmolenko dengan sangat mudah.

Dua menit kemudian, Pereira mendapatkan peluang emas dari sebuah bola liar yang mampir di depan kakinya. Tetapi, sepakan volinya melembung tipis di atas mistar.

Portugal masih terus berusaha menekan, beberapa peluang kemudian dihasilkan melalui Pereira, Joao Mario, hingga Ronaldo. Namun semuanya masih belum bisa menjadi gol.

Lima menit menjelang bubar, Ronaldo mendapatkan peluang matang usai dia berhasil mengontrol bola sendirian di kotak penalti. Sayang, tembakannya melambung tipis di atas mistar.

Babak Kedua
Laga dimulai dengan Portugal yang memasukkan Joao Felix menggantikan Guedes. Portugal menggebrak dengan serangan gencar di awal laga, mereka memiliki peluang matang dari sebuah tendangan bebas. Tetapi untuk kali ketiga, tembakan Ronaldo belum juga mampu menjebol gawang Andriy Pyatov.

Portugal memang terus menggempur pertahanan Ukraina. Namun, tuan rumah tetap mampu menghentak lewat peluang Matviyenko memanfaatkan situasi bola mati di menit ke-60. Hanya saja, peluang itu gagal dimaksimalkan menjadi gol.

Bruno Fernandes yang baru masuk mendapatkan peluang emas setelah dirinya yang berdiri pada posisi bebas mampu menyundul bola dari hasil umpan silang pada menit ke-66. Tetapi sundulan yang dia lakukan masih melebar di sisi kiri gawang.

Petaka Ukraina terjadi di menit ke-72 dengan Stepanenko yang melakukan blok tendangan jarak jauh dengan menggunakan tangan. Selain Portugal kemudian mendapatkan penalti, gelandang bertahan Ukraina itu juga mendapatkan kartu kuning kedua.

Penalti yang kemudian dieksekusi oleh Ronaldo satu menit kemudian berhasil membuat Portugal memperkecil kedudukan. Gol dari Ronaldo tersebut membuat dia kini mencetak 700 gol selama berkarir di sepakbola profesional.

Portugal terus berusaha menggempur lawan untuk mencari gol penyama. Mereka mendapatkan peluang emas dari sundulan Pepe dua menit kemudian. Sayang, bola yang sudah mengarah ke pojok kiri itu masih melambung tipis di atas mistar.

Peluang emas dari Ronaldo di menit ke-89 tidak diteruskan karena wasit menganggap dia sudah lebih dahulu handsball saat menguasai bola. Satu menit kemudian tembakan Danilo masih mengenai tiang di sebelah kiri kiper.

Ronaldo mendapatkan peluang emas lagi di menit ke-92 melalui sundulan jarak dekat memanfaatkan umpan silang. Tetapi aksi Pyatov mampu membuat Ukraina mengamankan tiga poin pada malam ini. (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.