Kamis, 29 September 22

Diperiksa KPK, Kesempatan BG Buktikan sebagai Penegak Hukum

Diperiksa KPK, Kesempatan BG Buktikan sebagai Penegak Hukum

Jakarta, Obsessionnews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Komisaris Jenderal Pol Budi Gunawan (BG). Kepala Lemdiklat Polri ini akan diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan pemerimaan hadiah atau janji terkait transaksi mencurigakan atau tidak wajar.

Lembaga antirasuah ini berharap BG bisa memenuhi panggilan tersebut. Sebab kesempatan ini bisa digunakan Kepala Lemdiklat (Lembaga Pendidikan Polri) itu untuk menunjukkan dirinya sebagai aparat penegak hukum sejati.

“Inilah kesempatan emas bagi BG untuk menjelaskan segala alibi yang ada pada dirinya dengan menunjukan bukti-bukti otentik miliknya guna mengcounter seluruh sangkaan seperti tersebut dalam sprindik,” ujar Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dalam pesan singkatnya, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak BG apakah bersedia atau menolak memenuhi panggilan KPK. Namun Bambang percaya BG akan hadir. Kehadiran Jenderal berbintang tiga itu juga bisa menunjukkan dia sebagai sosok profesional kalau patuh dan tunduk pada hukum.

“Kehormatan penegak hukum terletak pada kemauan dan kemampuannya untuk menghormati hukum yang ditujukan bagi kemaslahatan publik,” katanya.

KPK menetapkan Komjen Pol Budi Gunawan (BG) sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan hadiah atau janji terkait transaksi mencurigakan atau tidak wajar. Mantan ajudan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri itu diduga menerima hadiah atau janji saat menjabat Kepala Biro Pembinaan Karir (Binkar) Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Markas Besar Polri 2003-2006 dan jabatan lainnya.

Calon tunggal Kapolri pengganti Jenderal Pol Sutarman itu disangka melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b, Pasal 5 ayat 2, Pasal 11 atau Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 kesatu KUHPidana. (Has)

Related posts