Rabu, 27 Oktober 21

Dipenuhi Sentimen Positif, IHSG Dibuka Menguat Tipis

Jakarta, Obsessionnews – Indeks harga saham gabungan di Bursa Efek Indonesia pada Jumat dibuka menguat sebesar 16,20 poin ditopang sentimen positif dari dalam negeri dan eksternal.

IHSG BEI dibuka menguat 16,20 poin (0,30 persen) menjadi 5.467,15, sedangkan kelompok 45 saham unggulan(indeks LQ45) naik 4,09 poin (0,43 persen) ke level 950,67.

“Faktor dari bursa regional menjadi salah satu sentimen positif bagi pergerakan IHSG pada perdagangan saham di akhir pekan ini,” kata Head of Research Valbury Asia Securities Alfiansyah di Jakarta, seperti dilansir Antara.

Ia mengemukakan bahwa bursa saham Eropa bergerak menguat pada Kamis (5/3) seiring sikap positif investor terhadap hasil pertemuan kebijakan bank sentral Eropa (ECB). Investor di Eropa tampaknya menanti rincian program pembelian obligasi senilai 1 triliun euro.

Dari dalam negeri, ia menambahkan bahwa Bank Indonesia yang menyatakan tren pelemahan rupiah terhadap dolar AS tidak berdampak buruk bagi APBN. Pasalnya penghapusan subsidi BBM tidak lagi membebani APBN. Adapun dana subsidi untuk BBM dalam APBN Perubahan 2015 menyusut tajam menjadi Rp81 triliun, atau sekitar 70,6 persen dari periode sebelumnya yang mencapai Rp276 triliun.

Selain itu, lanjut dia, pelemahan rupiah kali ini lebih disebabkan oleh faktor eksternal, bukan karena faktor negatif fundamental ekonomi Indonesia. Hal ini membuat IHSG tetap menguat meskipun rupiah mengalami tekanan.

Analis Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya menambahkan IHSG kembali berhasil bertahan di area positif, pola tren penguatan masih terlihat cukup kuat, apalagi didukung ekspektasi data ekonomi domestik yang akan dirilis seperti cadangan devisa Indonesia periode Februari 2015 berpotensi naik seiring dengan data neraca perdagangan yang terus mengalami surplus.

“Di tengah ekspektasi rilis data ekonomi mengenai cadangan devisa yang masih baik serta tren perbaikan defisit neraca keuangan Indonesia yang berlanjut akan menopang IHSG bertahan di jalur penguatan,” katanya.

Bursa regional, di antaranya indeks Hang Seng menguat 16,82 poin (0,07 persen) ke 24.209,86, indeks Bursa Nikkei naik 159,92 poin (0,85 persen) ke 18.911,76, dan Straits Times menguat 17,21 poin (0,53 persen) ke posisi 3.412,10.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.