Kamis, 2 Desember 21

Dinkop Diminta Aktif Awasi Koperasi di Daerah

Dinkop Diminta Aktif Awasi Koperasi di Daerah

Jakarta, Obsessionnews – Peran dan pembinaan koperasi di daerah sangat diperlukan, apalagi saat ini pemerintah terus mendorong agar koperasi memiliki kualitas dan kompetensi dalam perannya sebagai salah satu kekuatan ekonomi di masyarakat.

Maka dari itu, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM meminta kepada dinas-dinas koperasi di daerah untuk berkoordinasi dan membangun formula bersama dalam pengawasan dan kepatuhan koperasi. Dengan demikian koperasi di daerah akan terkontrol dengan baik dan tidak disalahgunakan.

Deputi bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring mengatakan kepatuhan koperasi, tidak semuanya dimaknai seperti operasi yang dilakukan aparat penegak hukum.

Kepatuhan koperasi, lanjut dia lebih mengedepankan tentang bagaimana pembinaan koperasi secara luas. Dengan adanya kepatuhan koperasi, maka koperasi akan benar-benar berkualitas baik dari segi pengawasannya, kelembagaan dan usahanya.

“Untuk mewujudkan kepatuhan koperasi tersebut, perlu dibuatlah satuan-satuan tugas kepatuhan di daerah,” kata Meliadi melalui siaran pers, Jumat (27/5/2016).

Kemudian terkait tentang formula kepatuhan, Meliadi meminta masukan dari satuan satuan tugas di daerah untuk membuat formula dan konsepnya yang disesuaikan dengan kearifan lokal. Dengan demikian kebijakan tentang kepatuhan koperasi akan mengutamakan kearifan lokal.

Untuk itulah, Kemenkop dan UKM berkoordinasi dengan dinas-dinas yang ada dibawah Bupati dan Walikota. Hal ini dikarenakan banyak dari koperasi-koperasi yamg keberadaanya banyak di daerah. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.