Senin, 30 Maret 20

Dilantik Sebagai Kepala BPTJ, Ini Jejak Polana B Pramesti

Dilantik Sebagai Kepala BPTJ, Ini Jejak Polana B Pramesti
* Polana B Pramesti. (Foto: dok pribadi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Polana B Pramesti resmi menjabat Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menggantikan Bambang Prihartono. Polana dilantik bersama Pejabat Pimpinan Tinggi Madya lainnya oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Ruang Mataram Gedung Karya, Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Dalam sambutannya, Menhub Budi mengharapkan pelantikan para pejabat tinggi madya ini dapat membawa kesegaran dalam organisasi di lingkungan Kementerian Perhubungan. Dirinya berpesan untuk mencurahkan pemikiran yang segar, out of the box, dan memberi kesejahteraan yang lebih besar untuk masyarakat.

“Sesuai visi dan misi Presiden RI, Kementerian Perhubungan memiliki amanah untuk membangun infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas di seluruh wilayah Indonesia. Konektivitas yang mempersatukan bangsa dan upaya kita semua ditunggu oleh masyarakat dari Aceh hingga Papua, dari Rote hingga Miangas,” ujar Budi.

Selain itu, Menhub Budi menekankan kepada para pejabat yang baru dilantik agar meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang berada dibawah tanggung jawabnya. Kementerian Perhubungan merupakan organisasi besar dan memiliki sumber daya manusia yang banyak.

“Di tangan Saudara kebijakan dan program kerja Kementerian Perhubungan diwujudkan. Saya berpesan kepada seluruh pejabat dan pegawai yang hadir pada kesempatan ini, kita telah memasuki 2020 yang tentu tantangan dihadapi semakin tidak mudah. Untuk itu saya meminta agar semua unit kerja dapat segera bersiap untuk melaksanakan setiap program kerja sesuai perencanaan yang telah dibuat dengan efektif dan efisien,” ungkapnya.

Menhub Budi juga menekankan agar para pejabat yang baru dilantik tetap memperhatikan aspek keselamatan dalam penyelenggaraan transportasi. Sebagai abdi negara sudah diwajibkan untuk terus mencari referensi, mengeksekusi,dan melakukan pemeriksaan dengan baik.

“Tugas kita tidak ringan dan masyarakat luas menunggu aspek keselamatan transportasi ditingkatkan,” pungkas Menhub.

Polana B Pramesti sebelumnya menjabat Direktur Jenderal Perhubungan Udara menggantikan Agus Santoso yang menjabat sebagai Komisaris Utama PT Garuda Indonesia (Persero). Kiprahnya di bidang perhubungan dan kebandarudaraan memang patut diacungi jempol, karena itulah tak salah jika Menhub memberikan kepercayaan kepada dirinya.

Dunia perhubungan dan kebandarudaraan bukan hal baru bagi Polana B. Pramesti, karena sejak tahun 1987 Polana terbilang fokus menggeluti bidang perhubungan tersebut, sehingga bagi dirinya dunia perhubungan sudah menjadi fashion bagi alumnus fakultas teknik sipil serta magister transportasi Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Mengawali karier di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan, dari menjabat sebagai Kepala Seksi Mutu Konstruksi Sipil, hingga Kepala Sub Direktorat Prasarana Bandara Kementerian Perhubungan, Polana terus menantang diri di bidang tersebut.

Kini kecintaan pada dunia perhubungan membawa Polana B. Pramesti berperan penting dalam pembangunan bandara-bandara di Indonesia. Perempuan berprestasi yang sempat menjabat sebagai Direktur Teknik Angkasa Pura I (AP I) ini berhasil menjadikan bandara-bandara yang dibangunnya sebagai bandara terbaik tingkat dunia.

Karir Polana B Pramesti memang moncer pada bidang perhubungan hal itu terlihat dari riwayat pekerjaan yang digelutinya sebelum menjabat Dirjen Perhubungan Udara, dia menjabat sebagai Kepala Seksi Mutu Konstruksi Sipil, hingga Kepala Sub-Direktorat Prasarana Bandara Kementerian Perhubungan.

Di Kemenhub Polana kerap mendapatkan posisi strategis karena pengalamanya dalam bidang tersebut sudah tak perlu diragukan lagi, seperti pada tahun 2013, Polana pernah diangkat menjadi Direksi di PT Angkasa Pura I (Persero) hingga awal 2018.

Setelah itu pada awal 2018, Polana kembali dilantik menjadi pejabat di Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sebagai Direktur Navigasi Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara dan sempat menjabat sebagai Direktur Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.