Minggu, 29 November 20

Dikabarkan Jadi Tersangka, Bupati Kebumen Berkeinginan Mundur

Dikabarkan Jadi Tersangka, Bupati Kebumen Berkeinginan Mundur
* Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad usai diperiksa KPK.

Jakarta, Obsessionnews.com – Mengejutkan! Bupati Kebumen, Jawa Tengah,  Mohammad Yahya Fuad dikabarkan sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia diduga telah mendapatkan gratifikasi.

Kabar penetapan tersangka sudah dibenarkan Fuad. Namun ia tetap membantah dirinya menerima gratifikasi terkait jabatannya saat ini, melainkan murni penerimaan itu dilakukan pada saat belum menjabat sebagai Bupati Kebumen.

“Menurut Bupati, penerimaan tersebut bukan gratifikasi, tapi murni dalam posisi sebagai pengusaha dan sama sekali tidak terkait dengan jabatannya, karena terjadi sebelum dilantik sebagai Bupati Kebumen,” ujar Kepala Bagian Humas Setda Kebumen Sukamto, dalam keterangan persnya, Senin (22/1/2018).

Penetapan sebagai tersangka tersebut diketahui Fuad setelah menerima surat dari KPK hari Sabtu, 20 Januari 2018 siang. Fuad kata Sukatmo, menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Kebumen. Ia pun berkeinginan untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

“Berkait dengan hal tersebut, Yahya berkeinginan untuk mengundurkan diri dari jabatan Bupati Kebumen agar bisa fokus menjalani proses hukum, 1dan tidak mengganggu jalanya roda pemerintahan,” tuturnya.

Sekda dan pimpinan OPD menyerahkan sepenuhnya keputusan mundur atau tidaknya bupati. Namun berdasarkan saran dari para pimpinan OPD, Fuad diminta menjalankan tugas sebagai bupati sampai adanya putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap atau inkracht

“Bila terpaksa harus mundur pun, disarankan tidak perlu tergesa-gesa agar bisa menyelesaikan masalah-masalah krusial terlebih dahulu untuk memastikan bahwa program-program utamanya dalam pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat bisa berjalan dengan baik,” jelasnya

Meski sudah ditetapkan sebagai tersangka, Fuad meminta kepada jajaran SKPD bersama masyarakat untuk tetap bersemangat bekerja dan melaksanakan program-program pembangunan yang telah dicanangkan bersama. Fuad juga memohon didoakan agar diberikan kekuatan, kesehatan, dan kesabaran dalam menjalani ujian ini.

“Bupati juga beritikad baik untuk mengikuti seluruh proses hukum, dan memberikan fakta-fakta yang sebenarnya di pengadilan,” tandasnya.

Di lain tempat, Obsessionnews.com berusaha untuk konfirmasi kabar tersebut dengan menanyakan kepada juru bicara KPK Febri Diansyah. Namun, ia belum bisa membenarkan. Sebab, biasanya kabar penetapan tersangka diumumkan secara resmi.

“Saya belum bisa konfirmasi hal tersebut. Kalau ada tersangka baru tentu pengumumam dilakukan secara resmi melalui konferensi pers,” ujar Febri saat dihubungi Obsessionnews.com, Senin (22/1/2018) malam. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.