Kamis, 25 April 24

Didukung Program Kotaku, Pariwisata Malang Berkembang

Didukung Program Kotaku, Pariwisata Malang Berkembang
* Lingkungan yang bersih di Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, berkat program Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). (Foto: Kementerian PUPR)

Jakarta, Obsessionnews.com  – Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia, dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. Arah kebijakan pembangunan Dirjen Cipta Karya adalah membangun sistem, memfasilitasi pemerintah daerah, dan memfasilitasi komunitas (berbasis komunitas).

 

Baca juga: Berkat Program Kotaku Joho Jadi Kampoeng Hepi

 

Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses terhadap layanan infrastruktur dasar di permukiman kumuh perkotaan. Pada periode 2015-2018 Kementerian PUPR telah melakukan penanganan seluas 23.407 Ha dan pada 2019 ditargetkan akan ditangani seluas 13.704 Ha.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Program Kotaku merupakan wujud kolaborasi antara Kementerian PUPR dan pemda dalam mendorong dan memberdayakan masyarakat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya.

“Kalau pemerintah daerah tidak bergerak dan masyarakat tidak terlibat aktif, maka program tidak akan berjalan. Bahkan kawasan yang sudah ditata akan kembali kumuh,” kata Basuki melalui keterangan tertulis, Selasa (15/10/2019).

Salah satu Program Kotaku dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur (Jatim) pada Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kampoeng Lampion, Kota Malang. Lingkup pekerjaan berupa perbaikan saluran drainase, perbaikan jalan lingkungan, pembangunan septic tank biofil komunal, dan hibah gerobak sampah serta motor pengangkut sampah untuk pengelolaan limbah. Total anggaran penataan lingkungan di salah satu kampung tematik di Kota Malang tersebut sebesar Rp 1 miliar lewat APBN Tahun Anggaran 2018.

Suheni, Ketua RT 05/01 Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kampoeng Lampion, yang juga merangkap sebagai Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mengatakan, sebelum masuk Program Kotaku pada tahun 2018, kampung tersebut sempat mati suri dari kunjungan wisatawan tak lama setelah diresmikan pada tahun 2017. Hal itu disebabkan karena kondisi lingkungan yang kurang bersih dan terawat, sehingga kalah pamor dengan kampung tematik lainnya.

“Kondisi jalan tadinya aspal biasa dengan kanan kirinya drainase berupa got terbuka. Sekarang jalannya sudah kelihatan bersih dengan ada ukirannya sehingga lebih indah. Anak-anak juga bisa bermain dengan aman sampai malam, karena kanan kiri jalan sudah tidak ada saluran got terbuka, diganti dengan sistem drainase yang lebih baik,” tutur Suheni.

Ia menyebutkan, semua pekerjaan program Kotaku tersebut melibatkan peran aktif seluruh warganya mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan dan perawatannya.

“Melalui program ini juga menambah erat kekerabatan warga di lingkungan ini sehingga semangat gotong royongnya untuk menjaga lingkungan juga lebih baik. Warga yang belum mempunyai septic tank dibuatkan septic tank bersama (komunal) agar tidak buang air sembarangan (BABS) terutama ke sungai di belakang kampung kami,” ungkap Suheni.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.