Selasa, 24 November 20

Diduga Terjangkit, Presiden Trump Tolak Dites Corona

Diduga Terjangkit, Presiden Trump Tolak Dites Corona
* Presiden AS Donald Trump

Gedung Putih mengkonfirmasi penolakan Presiden Donald Trump untuk menjalani pemeriksaan virus corona (covid-19) meski ia berinteraksi dengan sejumlah anggota DPR yang kini tengah dikarantina.

Seperti dilaporkan CNN, Stephanie Grisham, sekretaris bidang penerangan Gedung Putih hari Senin (9/3/2020), menyatakan Presiden Donald Trump menolak menjalani pemeriksaan Corona karena ia tidak memiliki kontak jangka panjang dan dekat dengan mereka yang terinfeksi Covid-19.

Trump hari Senin di sebuah jumpa pers menolak menjawab pertanyaan wartawan apakah ia menjalani tes Corona atau tidak serta meninggalkan ruang jumpa pers sebelum menjawab lebih banyak pertanyaan.

Baru-baru ini, Doug Collins dan Matt Gaetz, dua anggota DPR AS dari kubu Republik mengkonfirmasikan dirinya telah dikarantina. Langkah ini diambil setelah mereka berdua berinteraksi dengan seseorang positif terinfeksi Corona di konferensi kubu Konservatif bulan lalu.

Gaetz Jumat lalu bersalaman dengan Trump saat meninjau pusat kontrol dan pengendalian wabah serta ia hari Senin juga menyertai presiden AS di pesawat kepresidenan.

Mark Meadows, kepala staf baru Gedung Putih juga langsung mengkarantina dirinya usai mengikuti konferensi kubu konservatif.

Menurut data terbaru, jumlah penderita Corona di Amerika Serikat mencapai 722 orang dan jumlah korban meninggal sebanyak 26 orang.

Sementera itu, upaya Presiden Trump untuk meremehkan isu wabah Corona menuai kritik luas di Amerika Serikat.

Padahal, Presiden Trump diduga terjangkit virus corona karena sempat melakukan kontak dekat bertemu dengan dua orang anggota kongres Partai Republik yang dinyatakan telah terpapar virus corona, yaitu Doug Collins dan Mat Gaetz.

Seperti dilansir AFP, Selasa (10/3), Collins mendapatkan informasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) bahwa ia telah melakukan kontak dengan seseorang yang dinyatakan positif terinfeksi corona pada konferensi bulan lalu.

Sebelumnya, ia sempat berjabat tangan dengan Trump pada Jumat (6/3) waktu setempat. Sedangkan Matt Gaetz juga diinformasikan oleh CDC telah melakukan kontak dengan seseorang yang dinyatakan positif terinfeksi corona pada konferensi Conservative Political Action Conference (CPAC) 11 hari lalu.

Pada Senin (9/3), Matt Gaetz melakukan kontak dengan Trump. Ia ikut terbang bersama Trump di pesawat kepresidenan AS. Hingga kini, Collins dan Gatez mengaku tidak mengalami gejala terinfeksi virus corona.

Meski demikian, keduanya telah memutuskan untuk mengkarantina diri sendiri selama dua pekan sebagai upaya antisipasi. Tak hanya itu, Trump juga sempat melakukan kontak dengan beberapa anggota parlemen lainnya yang terpapar virus corona. (*/ParsToday/Red)

 

 

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.