Selasa, 29 November 22

Diduga Suap DPRD, Bupati Muba dan Istrinya Jadi Tersangka

Diduga Suap DPRD, Bupati Muba dan Istrinya Jadi Tersangka

Jakarta, Obsessionnews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan bukti permulaan yang cukup hingga menetapkan Bupati Musi Banyuasin Pahri Azhari dan istrinya, Lucianty sebagai tersangka. Bukti tersebut diungkap setelah lembaga antirasuah itu melakukan gelar perkara.

“Perlu disampaikan terkait dengan pemberian hadiah DPRD Musi Banyuasin, penyidik menemukan 2 bukti yang cukup dan menetapkan PA (Pahri Azhari) dan L (Luciaty) sebagai tersangka,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Wakil Ketua KPK, Johan Budi SP di kantornya, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Johan mengatakan Pahri Azhari dan Lucianty diduga menyuap anggota DPRD Musi Banyuasin terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2014 dan Pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Musi Banyuasin 2015.

“Yang bersangkutan diduga sebagai pemberi (suap anggota DPRD),” kata dia.

Atas perbuatannya, kedua tersangka diganjar melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 KUHPidana.

Penetapan pasangan suami istri ini sebagai tersangka merupakan pengembangan dari hasil tangkap tangan di Muba pada Jumat (19/6/2015) lalu. Saat itu, petugas menangkap 4 orang yang diduga sedang melakukan transaksi suap.

Mereka adalah, 2 anggota DPRD Musi Banyuasin Bambang Karyanto (fraksi PDI-P) dan Adam Munandar (Fraksi Gerindra), Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Musi Banyuasin Syamsudin Fei, serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Musi Banyuasin Fasyar.

Dalam proses tangkap tangan di Muba, KPK menyita barang bukti senilai kurang lebih Rp 2,56 miliar. Nilai suap dalam kasus ini diduga lebih dari Rp 2,56 miliar. KPK menduga, uang Rp 2,56 miliar itu adalah sebagian dari total komitmen dalam kasus ini lebih dari Rp 10 miliar. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.