Rabu, 27 Oktober 21

Diduga Langgar Keimigrasian, Imigrasi Kelas 1 Jaksel Amankan 2 WNA

Diduga Langgar Keimigrasian, Imigrasi Kelas 1 Jaksel Amankan 2 WNA
* 2 warga asing 1 negara Ukraina berinisial OC dan 1 orang warga negara Brazil berinisial LCT di amankan Imigrasi Kelas 1 Jaksel. (Foto: wa)

Jakarta, Obsessionnews – 2 warga asing ditangkap petugas dari Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan.

Penangkapan dilakukan atas dugaan telah melakukan pelanggaran keimigrasian di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Muhammad Saffar Godam mengatakan penangkapan dilakukan karena adanya laporan dari masyarakat terkait keberadaan dan kegiatan 2 warga asing 1 negara Ukraina berinisial OC dan 1 orang warga negara Brazil berinisial LCT.

Mereka diamankan petugas dari Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan saat sedang melakukan pemotretan yang berlokasi di sebuah rumah tinggal yang merangkap sebagai studio foto di daerah Bangka, Jakarta Selatan pada selasa 26 januari 2021.

“Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, petugas mengambil langkah, langsung mendatangi tempat tersebut. Dari hasil operasi lapangan, ditemukan adanya satu kegiatan yang diduga pelanggaran keimigrasian,” ujarnya.

Salah satu dari dua WNA yang berprofesi sebagai model produk itu diketahui telah melampaui batas izin tinggal yang diberikan di Indonesia.

Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi Klas I Jakarta Selatan M. Tito Andrianto menambahkan, jika cukup bukti, kedua WNA itu diamankan di kantor imigrasi dan saat ini masih dalam pemeriksaan lebih lanjut.

“Keduanya diduga berprofesi sebagai foto model. Karena pada saat operasi lapangan keduanya sedang melakukan foto-foto di salah satu studio foto di salah satu perumahan di Jakarta Selatan,” ucapnya saat dikonfirmasi oleh wartawan di Jakarta, Jumat (28/1)

Tito mengungkapkan barang bukti yang diamankan oleh petugas diantaranya sejumlah foto terkait kegiatan orang asing tersebut sebagai model.

“Dari hasil pemeriksaan petugas di lapangan, ditemukan bahwa kedua orang asing tersebut sedang melakukan kegiatan pemotretan produk dan hasilnya diunggah pada akun sosial media Instagram,” ucap Tito.

Lebih lanjut terhadap kedua orang asing tersebut akan diperiksa di Kantor Imigrasi kelas 1 Khusus Non TPI Jakarta Selatan.

Selain itu, telah melakukan pendetensian terhadap keduanya di Ruang Detensi Kantor Imigrasi kelas 1 khusus Non TPI Jaksel, (26/1) lalu.

Serta, melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi-saksi terkait kegiatan kedua orang asing tersebut. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.