Selasa, 4 Agustus 20

Didampingi Ibu Ani dan Ibas, SBY Serahkan Seekor Sapi Kurban

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) seusai melaksanakan sholat Ied di Masjid Istiqlal Jakarta langsung menyerahkan seeokor sapi hewan kurban kepada Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar untuk selanjutnya diserahkan kepada pengurus masjid. Sapi dengan berat 1.075 kilogram atau lebih dari 1 ton itu sebagai kurban keluaraga SBY pada hari raya Idul Adha 1435 Hijriah.

“Dengan ijin Allah pada kesempatan yang baik ini, ijinkan saya untuk menyerahkan seekor sapi sebagai kurban kami pada mesjid Istiqlal untuk diserahkan kepada yang berhak,” ujar SBY di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu (5/10/2014).

Selain SBY, Wakil Presiden Boediono juga menyerahkan sapi dengan jenis yang sama. Kurban pada setiap perayaan Hari Raya Idul Adha sudah menjadi tradisi setiap tahun bagi kedua pemimpin negara ini. “Semoga Allah memberikan rahmat kepada kita semua,” timpal Boediono.

Saat menyerahkan, Presiden SBY didampingi Ibu Negara, Ani Yudhoyono serta putra bungsungnya Edhi Bhaskoro alias Ibas. Sedangkan Wapres Boeddiono hanya didampingi Ibu Herawati.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal dijadwalkan berlangsung Minggu sore, kemudian akan didistribusikan ke sejumlah masjid, mushala, dan panti asuhan di kawasan Jakarta Pusat setelah azan maghrib.

Sistem pembagian paket daging kurban untuk Idul Adha tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena pihak panitia kurban Istiqlal biasanya membagikan kupon kepada masyarakat untuk kemudian ditukarkan dengan paket daging. Namun tahun ini tidak ada pembagian langsung kepada masyarakat.

Secara terpisah, Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) yang berstatus sebagai Gubernur DKI Jakarta, melaksanakan salat Idul Adha di halaman Kantor Balai Kota, Jakarta Pusat, Minggu (5/10). Usai salat, Jokowi langsung menyerahkan seekor sapi untuk korban miliknya. “Ya pengorbanan untuk sebuah kebenaran dengan keteguhan dan kepatuhan yang amat sangat kepada yang di atas,” ujar Jokowi.

Jokowi melakukan penyerahan seekor sapi dan pemasangan jas kepada petugas pemeriksa kesehatan hewan secara simbolis. “20 Sapi, 44 kambing. 1 Sapi di Solo, yang 19 sapi disebar ke seluruh wilayah di Jakarta,” kata Jokowi yang menyerahkan seekor sapi miliknya berbulu cokelat yang di badannya bertuliskan ‘268 Gub DKI’. (Has)

 

Related posts