Kamis, 25 April 24

Dicopot dari Wakil Ketua MPR, Mahyudin akan Tempuh Jalur Hukum

Dicopot dari Wakil Ketua MPR, Mahyudin akan Tempuh Jalur Hukum
* Wakil Ketua MPR Mahyudin.

Jakarta, Obsessionnews.com – Politisi Partai Golkar Mahyudin masih belum menerima keputusan DPP Partai Golkar yang menunjuk Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto sebagai Wakil Ketua MPR menggantikan dirinya. Mahyudin kekeuh tidak akan mau melepas jabatannya.

“Saya prinsipnya tetap melaksanakan tugas sebagai Wakil Ketua MPR, sambil melihat situasi,” kata Mahyudin, saat dihubungi Senin (19/3/2018).

Mahyudin tidak mau melihat alasan rasional dan objektif dalam pergantiannya itu, misalnya dari sisi undang-undang yang berlaku, atau ada unsur politik di balik itu. Yang pasti kata dia, jalur hukum bisa ditempuh untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Tidak menutup kemungkinan, ini akan masuk ke ranah hukum,” kata dia lagi.

Setelah keputusan tersebut, Mahyudin pun tidak tahu akan diberi tugas baru seperti apa. Namun, dia memilih untuk tetap di MPR saja. “Bukan berarti saya menerima atau tidak, dalam posisi ini saya lebih taat kepada aturan hukum yang berlaku,” tuturnya.

Sebelumnya Mahyudin mengatakan, keputusan DPP Partai Golkar yang menggantinya dengan Titiek Soeharto sebagai Wakil Ketua MPR tidak relevan dan bertentangan dengan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014.

Dia menuturkan, pimpinan MPR hanya bisa diganti apabila memenuhi tiga syarat, yaitu meningggal dunia, mengundurkan diri, dan berhalangan tetap. Mahyudin juga merasa tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum. “Nah, saya tidak masuk ketiga-tiganya,” ujarnya.

Mahyudin tidak melihat ada alasan yang rasional dan objektif atas keputusan pergantian dirinya tersebut. Dia menilai, keputusan itu hanya keputusan pribadi dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. “Tidak ada alasan, subjektifnya Airlangga saja,” kata Mahyudin. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.