Sabtu, 20 April 24

Dibeli Arab Saudi, Newcastle Jadi Klub Terkaya di Dunia

Dibeli Arab Saudi, Newcastle Jadi Klub Terkaya di Dunia
* Klub Newcastle United dibeli Arab Saudi. (Getty/Goal)

Klub Newcastle United resmi diakuisisi (dibeli) oleh konsorsium Arab Saudi, Dana Investasi Publik (PIF) uang kaya raya, Kamis (7/10/2021).

Kekayaan pemilik Manchester City dan PSG hanya secuil bila dibandingkan dengan kekayaan milik bos baru The Magpies asal Arab Saudi.

Liga Primer Inggris menyetujui penjualan The Magpies ke konsorsium yang dinaungi oleh pangeran Saudi, Muhammad bin Salman, sekaligus mengakhiri era 14 tahun klub di bawah kepemilikan Mike Ashley.

“Liga Primer, Newcastle United FC dan St James Holdings Limited hari ini telah menyelesaikan perselisihan pengambilalihan klub oleh konsorsium PIF, PCP Capital Partners dan RB Sports & Media,” tulis mereka.

“Setelah selesainya Tes Pemilik dan Direktur Liga Primer, klub telah dijual ke konsorsium dengan segera.”

Jalan PIF untuk membeli Newcastle memang tidak mulus. Pada Juli 2020, mereka tengah mendapat pengawasan ketat dari Liga Primer, yang mendapat tekanan untuk tidak menyetujui penjualan The Magpies karena kekhawatiran atas dugaan pembajakan siaran di Arab Saudi.

Namun setelah situasinya menemui titik terang dan klub kini telah resmi diambil alih oleh pihak Saudi, Newcastle pun resmi menyandang status baru sebagai klub terkaya tak hanya di Inggris tapi juga dunia.

Menurut data Daily Mail, PIF memiliki jumlah kekayaan mencapai £320 miliar (Rp6,1 kuadriliun). Angka tersebut senilai 13 kali lipat dari kekayaan pemilik Manchester City, Sheikh Mansour. (Goal.com/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.