Jumat, 19 April 24

Diadu Lewat Survei SMRC, Jokowi Unggul Telak dari Prabowo

Jakarta, Obsessionnews.com – Survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menempatkan tingkat elektabilitas Presiden Jokowi pada urutan teratas, mengalahkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang berada pada posisi kedua.

“Jokowi tetap yang teratas, dan tetap diikuti Prabowo di posisi kedua, juga dengan posisi relatif stabil,” kata Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan di Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Survei itu menandakan bahwa Pilkada DKI Jakarta tidak memiliki efek signifikan pada perpolitikan nasional. Dukungan pada tokoh-tokoh untuk menjadi presiden, sebelum dan sesudah Pilkada DKI Jakarta, tercatat cukup stabil.

Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi selama hampir 3 tahun ini berada pada angka 67 persen; sementara tingkat kepercayaan 69 persen. Demikian juga kondisi ekonomi nasional, di mana 57,1 persen responsen merasa kondisi akan tetap membaik.

Tingkat kepercayaan terhadap aparat penegak hukum juga tinggi. TNI memperoleh penilaian tertinggi dengan 90 persen; presiden 86 persen; KPK 86 persen; dan Polri 77 persen. DPR dan partai politik memperoleh nilai terendah dengan masing-masing 63 persen dan 56 persen.

Djayadi menjelaskan, dalam pertanyaan terbuka, bila pemilihan presiden diadakan ketika survei dilakukan, sebanyak 34,1 persen pemilih mendukung Jokowi. Adapun 17,2 persen mendukung Prabowo. Perbedaan elektabilitas antara keduanya yaitu sekitar 17 persen.

Sementara, itu dalam simulasi head-to-head, elektabilitas Jokowi mencapai 53,7 persen, sedangkan Prabowo berada di level 37,2 persen. Adapun responden tidak menjawab sebanyak 9,1 persen.

“Dengan demikian jarak antara keduanya sekitar 16,5 persen. Dari sisi pilihan presiden, politik Tanah Air relatif tidak mengalami perubahan pasca-Pilkada DKI Jakarta,” tutur Djayadi.

Survei SMRC ini dilakukan pada 14-20 Mei 2017 dengan melibatkan 1.350 responden yang dipilih dengan teknik multistage random sampling dari total populasi nasional yang sudah memiliki hak pilih pemilihan umum. Margin of error survei ini rata-rata 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.