Kamis, 13 Agustus 20

Di Usia Ke-74, ke Depan Polri Diminta Lakukan Ini

Di Usia Ke-74, ke Depan Polri Diminta Lakukan Ini
* Hari ini, Rabu (1/7/2020) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memasuki usia 74 tahun. (Foto: FB Jokowi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) hari ini, Rabu (1/7/2020) genap memasuki usianya yang ke-74 tahun. Dengan bertambahnya usia, tantangan yang dihadapi Polri ke depan semakin bertambah.

Di hari lahirnya Polri ini, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane berharap kepada Polri harus benar-benar independen dan konsisten pada konsep promoter.

Menurut dia, konsep itu jangan sekadar ucapan di bibir para elit kepolisian, sehingga elit kepolisian harus satu kata dan perbuatan. Untuk bisa menjadikan Polri yang promoter, organisasi dan sistem kerja jajaran kepolisian harus efisien dan efektif.

Tak hanya itu, penggunaan teknologi di kepolisian harus diarahkan untuk memutus mata rantai pungli dan suap menyuap dalam setiap kali berurusan dengan kepolisian.

“Tujuannya agar Polri benar-benar bisa dipercaya masyarakat,” ujar Neta lewat pesan singkatnya kepada Obsessionnews.com.

Selain itu, tantangan berat yang dihadapi polri ke depan adalah makin meluasnya gaya hidup hedonis di kalangan menengah atas jajaran kepolisian.

Sehingga pola hidup sederhana yang pernah dicontohkan satu tokoh kepolisian Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia ke-5 Hoegeng Imam Santoso di kepolisian makin jauh dari harapan, yang terjadi adalah segala sesuatu dalam dinamika kepolisian selalu berorientasi pada uang atau materi.

“Situasi ini pada akhirnya akan mengganggu misi polri sebagai pelayan, pengayom, dan pelindung masyarakat,”

Meski demikian, cukup banyak kasus besar yang sudah ditangani dan berhasil dituntaskan oleh Polri. Mulai dari kasus kriminal jalanan, terorisme dan lain-lain.

“Melihat munculnya berbagai masalah sosial ekonomi dalam pandemi Covid 19 sekarang ini tentu tantangan berat di bidang keamanan menjadi kerja berat polri ke depan,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.