Jumat, 19 April 24

Di Tengah Serangan Covid-19, Bawaslu Tetap Gelar SKPP

Di Tengah Serangan Covid-19, Bawaslu Tetap Gelar SKPP
* Ketua Bawaslu Abhan. (Foto: Kapoy/obsession news)

Jakarta, Obsessionnews.com – Di tengah serangan virus Corona (Covid-19) tak menyurutkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI untuk menggelar Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP).

Ketua Bawaslu Abhan mengatakan, SKPP dilakukan melalui sistem daring untuk meningkatkan keterampilan praktis tentang pengawasan pemilu.

“SKPP daring menjadi jalan keluar dari keterbatasan ruang dan waktu,” ujar Abhan dalam video confrence di kantornya, Kamis (9/4/2020).

SKPP memberi motivasi seluruh kader yang sudah mendaftar dan ingin mengetahui tugas pokok dan fungsi sebagai pengawas partisipatif dalam pesta demokrasi. Selain sebagai pengawas partisipatif, peserta SKPP daring nantinya menjadi kader yang merupakan perpanjangan tangan Bawaslu.

“Peserta yang dinyatakan lulus, akan diberikan sertifikat. Kelas akan berlangsung selama sekitar sembilan hari,” jelas Abhan.

Abhan mengungkapkan, Bawaslu melibatkan seluruh anggotanya di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota sebagai tenaga pengajar dan fasilitator. Sedikitnya ada 11 topik besar yang akan disampaikan dalam bentuk teks dan audio visual. Misalnya, hukum, pengawasan, kerawanan, hingga pemantauan pemilu.

Program ini akan berlangsung sampsi Mei mendatang. Bawaslu merencanakan SKPP daring ini menjadi program yang terlaksana secara berkesinambungan dalam jangka panjang.

Total kader yang terkumpul berjumlah 20.665 orang yang bukan dari kalangan politisi aktif. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.