Rabu, 24 April 24

Di Tengah Pandemi, Pertagas Terus Genjot Pembangunan Jargas di Kaltim

Di Tengah Pandemi, Pertagas Terus Genjot Pembangunan Jargas di Kaltim
* Petugas sedang memeriksa pipa jaringan gas (foto ; Ist)

Samarinda, Obsessionnews.com– PT Pertagas Niaga terus melakukan upaya peningkatan layanannya kepada masyarakat di berbagai daerah meski di tengah pandemi. Salah satunya adalah di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) yang mulai mengoperasikan jaringan gas (jargas) kota sebanyak 5.503 Sambungan Rumah tangga (SR).

President Director Pertagas Niaga, Linda Sunarti, mengatakan sambungan jargas tersebut merupakan tahap kedua yang dibangun di Ibukota Kalimantan Timur oleh Kementerian ESDM dan dibiayai oleh APBN Tahun Anggaran 2020. Lokasi jargas tahap dua berada di Kelurahan Makroman, Kecamatan Sambutan dan Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir.

Sebelumnya pada tahun 2018 di Samarinda telah terbangun jargas sebanyak 4.500 SR yang juga dibangun menggunakan APBN Tahun 2018. Maka total saat ini ada 10.003 rumah yang telah terpasang jargas di Samarinda.

“Gas alam yang digunakan untuk jaringan gas kota ini tekanan dan masa jenisnya rendah, sehingga masyarakat selain hemat juga bisa lebih aman ketika memasak,” jelasnya, Jumat (23/10/2020)

Jargas Samarinda mendapatkan pasokan gas dr PT Pertamina Hulu Mahakam dengan alokasi 0,2 Million Standard Cubic Feet per Day (MMCFD). Pihaknya menargetkan sambungan jargas tahap kedua ini dapat seluruhnya beroperasi dalam waktu tiga bulan ke depan. Kementerian ESDM membangun jaringan gas kota di berbagai kabupaten/kota di Indonesia guna melakukan diversifikasi energi dan menekan subsidi LPG dan BBM.

“Kami berharap agar warga dapat menjaga dan merawat jaringan gas di lingkungan sekitarnya agar awet dan dapat dimanfaatkan dalam waktu jangka panjang,” pungkasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.