Sabtu, 20 April 24

Di Tengah Musibah Tetaplah Berharap!

Di Tengah Musibah Tetaplah Berharap!
* Imam Shamsi Ali

Oleh: Imam Shamsi Ali, Direktur/Imam Jamaica Muslim Center, President Nusantara Foundation

Islam adalah agama optimisme dan harapan. Iman adalah Islam adalah harapan. Dan keputusasaan tanda tidak berterima kasih atas berkah Allah.

Islam mengajarkan kita untuk selalu bersyukur. Dan esensi terpenting dari rasa terima kasih itu adalah harapan dan optimisme. Bahwa betapapun pahitnya kehidupan, betapa sulit dan sulitnya keadaan yang kita jalani, kita selalu diberkati secara berlimpah oleh Allah SWT.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Islam menekankan pentingnya harapan dan optimisme, bahkan pada saat kita sangat tertantang.

Pertama, bahwa kehidupan itu sendiri secara alami adalah ujian. Allah berfirman: “Dia telah menciptakan kematian dan kehidupan sehingga Dia dapat menguji siapa di antara kamu yang paling baik dalam perbuatan. Dan Dia adalah Maha Perkasa, Yang Maha Pengampun”.

Hidup bukan hanya tentang bentuk atau formatnya. Tetapi lebih ke bagaimana seseorang harus menghadapi situasi tertentu dalam kehidupan. Hidup bisa mudah atau sebaliknya bisa sulit. Bisa nyaman atau sebaliknya bisa jadi menantang. Dan itu tidak statis. Itu berubah dari satu ke situasi yang berbeda.

Yang penting bagi orang percaya bukanlah tentang jenis kehidupan yang Anda miliki. Tetapi lebih ke bagaimana Anda merespons setiap keadaan yang mungkin terjadi dalam hidup Anda.

Jika Anda kaya dan meresponsnya dengan kerendahan hati dan rasa terima kasih, bukan kesombongan dan tidak berterima kasih, Anda berhasil dalam hidup.

Atau jika hidup Anda penuh tantangan dan penuh kesengsaraan, tetapi Anda merespons situasi seperti itu dengan sabar dan bermartabat, bukan putus asa dan putus asa, Anda juga berhasil dalam hidup.

Karena itu, bagi orang percaya, betapapun sulitnya kehidupan, mereka tetap menjaga harapan dan optimisme mereka. Karena mereka tahu bahwa mereka sedang diuji untuk menanggapi semua tantangan kehidupan yang sesuai.

Kedua, betapa pun sulitnya tantangan itu, itu berakhir. Allah berfirman: “segala sesuatu yang di atasnya akan binasa”.

Dengan kata lain, dunia secara keseluruhan akan berakhir. Dan segala sesuatu bagian dari kehidupan duniawi ini akan berakhir. Dan itu memberi kita pemahaman yang jelas bahwa kesulitan atau kesulitan apa pun akan berakhir, tidak peduli seberapa besar dan panjangnya itu.

Ketiga, ada konsep dalam Islam yang disebut “al-ihtisaab”. Yang berarti untuk segala hal terjadi atau kita lakukan dalam hidup selama kita membawanya ke dalam “kesadaran Tuhan” (taqwa) kita dianggap sebagai sumber berkah dan penghargaan.

Kata “Ihtishaab” berarti memasukkan sesuatu ke dalam perhitungan. Atau menyadari berkah dan imbalan Allah di dalamnya. Nabi Muhammad Said: “barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan iman dan ihtisab, dosanya diampuni”. Ihtisab di sini berarti “berharap imbalan” dari Allah SWT.

Demikian pula ketika seorang mukmin ditantang, semakin ia ditantang, dan semakin ia percaya pada rahmat dan ganjaran Allah, ia akan diberi ganjaran yang sesuai. Ini akan selalu membuatnya berharap dan optimis.

Keempat, Allah dikenal sebagai Rabb. Yang berarti “Tuan”. Rabb berasal dari Rabaa-yarbuu-rabwah yang artinya tumbuh. Ini juga merupakan kata asli tarbiyah, yang berarti pendidikan.

Ini memberitahu kita bahwa Allah adalah sumber pendidikan. Dia yang Mahakuasa mendidik ciptaan-Nya, terutama yang terbaik di antara semua ciptaan, manusia. Dan iman (al-iman) adalah sarana paling mendasar untuk pendidikan itu.

“Apakah orang akan dibiarkan sendirian mengatakan” kami percaya “dan itu tanpa diuji?”.

Dan semakin besar kemungkinan semakin kuat iman yang dimiliki orang-orang percaya, semakin menantang ujian yang mungkin mereka jalani dalam hidup. Ulul-azm (yang perkasa) di antara para nabi, seperti Nuh, Abraham, Musa, Yesus dan Muhammad, saw semuanya diuji dalam hidup mereka yang paling.

Dan tantangan yang dihadapi oleh orang-orang percaya adalah bagian dari proses pendidikan oleh Pencipta langit dan bumi. Dan seperti yang kita katakan “kita tidak meminta ujian dalam hidup. Tapi ketika itu terjadi kita akan menghadapinya dengan sabar (sabar) dan dengan kepercayaan pada Allah (tawakkal).

Ini tentu saja meningkatkan harapan kita sebuah optimisme di tengah tantangan yang kita hadapi dalam hidup.

Kelima, bahwa orang percaya selalu yakin bahwa tidak peduli betapa indah atau jeleknya kehidupan ini, kehidupan selanjutnya lebih menjanjikan.

Allah SWT di berbagai tempat dalam Al-Quran mengingatkan kita bahwa kehidupan selanjutnya jauh lebih baik daripada kehidupan saat ini. Dan bagi orang percaya, dengan mempertimbangkan fakta ini di saat kesulitan dan tantangan pasti akan membangun harapan dan optimisme.

Biarkan saya akhiri dengan kisah Imam Syafi’i dengan orang yang tidak beriman pada masanya. Seperti yang kita ketahui, Imam Shafii adalah cendekiawan Muslim yang hebat dan dihormati di Baghdad sebelum dia pindah ke Mesir. Orang-orang menghormatinya sehingga ia memiliki kehidupan yang cukup baik di Mesir.

Suatu hari seorang kafir menantangnya dengan mengatakan: “Wahai Shafii, bukankah itu yang dikatakan nabi Muhammad: hidup duniawi ini seperti penjara bagi orang-orang beriman dan surga bagi orang-orang kafir? Dan bagaimana mungkin hidup Anda lebih baik daripada hidupku ? ”

Sebagai tanggapan, Imam Shafii berkata, “Ya, itu benar. Bagiku, betapa pun indahnya kehidupan ini dibandingkan dengan apa yang kamu persiapkan untukku dalam kehidupan setelah mati, tetap seperti penjara. Dan bagimu betapa pun sulitnya kehidupan ini. adalah, itu masih surga bagi kamu dalam membandingkan dengan apa yang Allah persiapkan untuk kamu di api neraka “.

Karena itu, bagi orang beriman yang menghadapi tantangan akan selalu memperhatikan apa yang Allah persiapkan bagi mereka di luar kehidupan duniawi ini. Dan itu pasti akan membawa mereka selalu berharap dan optimis dalam hidup.

Jadi, di tengah-tengah tragedi Covid 19 ini, dengan semua jenis bencana yang ditimbulkannya, sakit atau bahkan kematian, krisis ekonomi, ketakutan, kekhawatiran, dan kecemasan, kita orang percaya harus terus membangun harapan dan optimisme.

Laa taqnatuu min Rahmatillah” (jangan putus asa dari rahmat Allah), seperti yang diingatkan Alquran kepada kita.

Pastikan bahwa “di ujung terowongan yang panjang dan gelap itu ada cahaya yang bersinar”. Insya Allah!

Moodus CT, 14 April 2020

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.