Kamis, 7 Juli 22

Di Tambora, Jokowi Dihadapkan Pada Isu Agama

Prattama

Jakarta-Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo kembali melakukan aksi blusukan ke daerah Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat. Jumat (12/04/2013). Jokowi yang kali ini berkunjung ke Masjid Jami Al – Ulama yang terletak di Jl. Duri Selatan V RT 001/02 disambut oleh ratusan warga yang didominasi oleh anak – anak dengan teriakan histeris yang memanggil – manggil namanya.

Sesampainya di dalam masjid, Jokowi langsung disambut oleh Ucu Saefulloh yang merupakan imam sekaligus penceramah dimasjid tersebut.

Dalam blusukannya kali ini Jokowi dihadapkan pada permasalahan isu agama. Dimana yayasan yang bernama Bunda Hati Kudus diduga akan membangun gereja yang lokasinya tidak jauh dari masjid yang dikunjungi Jokowi tersebut, namun warga sekitar tidak menyetujui adanya pembangunan tersebut.

Dirinya sempat berpesan agar masyarakat mampu menjaga kerukunan antar umat beragama dan menjaga lingkungan agar tidak terjadi konflik beragama. “Kita harus saling menjaga kerukunan antar umat beragama, jangan sampai terjadi konflik sosial diantara kita,” ujarnya yang dalam blusukan kali ini dirinya memakai baju koko.

Permasalahan ini sudah terjadi sejak sekitar 12 tahun yang lalu, dan pernah terjadi konflik di tahun 2001, 2002, 2005, 2007, 2008.

Sementara dari pihak warga duri selatan, mereka menggelar spanduk yang berisikan pernyataan tidak setuju adanya pembangunan gereja di pemukiman mereka melalui pengumpulan tanda tangan masyrakat yang digelar di dalam masjid. (rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.