Sabtu, 18 September 21

Di Sini Para Pemimpin Berlibur

Di Sini Para Pemimpin Berlibur
* Botswana, Afrika bagian selatan.

Mengisi waktu luang untuk sekadar beristirahat dan relaksasi sangat penting untuk kesehatan. Itu adalah bagian penting yang perlu dilakukan. Demikian pernah dikemukakan dr Natasha Withers dari One Medical Group di New York seperti dikutip ABC News belum lama ini. Dan, para pemimpin dunia, tampaknya sangat memahami hal itu. Tak heran kalau di tengah keseharian mereka mengurus ngara, ada saatnya mereka menyisihkan waktu untuk refreshing. Pilihan lokasi dan bagaimana mengisi waktu luang selama berlibur, tentu berbeda-beda. Setidaknya inilah sebagian dari destinasi wisata para pemimpin dunia serta aktivitasnya:

Botswana
Kalau saja foto Raja Spanyol Juan Carlos yang berpose memegang senjata di depan gajah yang sudah mati tak terpublikasikan, mungkin tak banyak yang tahu jika pria ini memiliki hobi berburu. Mungkin juga ia tak harus dikecam rakyatnya dan diturunkan dari jabatannya sebagai Presiden Kehormatan World Wide Fund (WWF).

Tapi itu sudah berlalu. Faktanya, Juan adalah pemburu hewan liar yang kerap menghabiskan waktu kosongnya untuk menembak binatang-binatang di tempat-tempat berburu yang sangat prestise. Salah satu tempat berburu favorit raja berusia 74 tahun itu adalah Botswana, negara di Afrika bagian selatan.

Di negara yang dulu bernama Bechuanaland ini memang tidak memiliki pesisir di laut, maupun danau. Tapi, di sana ada Delta Okavango, yang merupakan salah satu destinasi safari terbaik yang ada. Okavango sendiri dikenal dengan delta sungai terbesar di dunia dan kehidupan alam liar yang masih terjaga dengan airnya yang jernih.

Botswana juga memiliki Taman Nasional Choebe di mana Anda masih bisa menyaksikan kehidupan sejati dari jerapah, singa, harimau,dan beraneka burung di dalam habitat asli mereka. Tak salah jika Botswana membuat seorang raja kepincut. Karena di sanalah sorga buat mereka yang hobi berburu meski kini memiliki aturan yang ketat.

Sochi
Kota Sochi sempat melambung dan dikenal dunia ketika menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2014 dan Paralimpiade Musim Dingin 2014 pada 7 -23 Februari 2014 dan 7-16 Maret 2014. Tapi bagi Presiden Rusia Vladimir Putin, Sochi adalah daerah favoritnya sejak lama. Kota yang terletak di Krasnodar Krai dekat perbatasan Rusia dengan Abkhazia, Georgia, ini memang merupakan salah satu daerah tujuan wisata paling populer di Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin (depan) berlibur di Sochi.
Presiden Rusia Vladimir Putin (depan) berlibur di Sochi.

Dengan latar belakang puncak bersalju pegunungan Kaukasus serta pantai Laut Hitam, Sochi yang merupakan kota terpanjang kedua di dunia ini rutin dikunjungi Vladimir Putin.

Jika berkunjung ke kota tersebut, dipastikan pria yang menurut data Bloomberg punya kekayaan antara 40 miliar dollar AS hingga 70 miliar dollar, ini melakukan kegiatan alam seperti berburu, menyelam bahkan memancing ikan salmon.

Selain itu, Kota Sochi menjadi persinggahan favoritnya untuk menghabiskan waktu libur meski kadang menghabiskan waktu untuk bermain ski di Krasnaya Polyana Alpine Ski Center.

Cannes

cannesBicara soal Cannes, tak melulu tentang film meski kota di bagian selatan Perancis ini adalah tempat festival film paling tersohor di dunia. Karena, kota yang terletak di Pantai Azur dekat Pegunungan Alpen ini juga terkenal dengan pantai dan keindahan lainnya yang membuat Presiden Prancis Francois Hollande sangat mencintainya.

Francois Hollande dikabarkan memiliki tiga rumah peristirahatan di Cannes dan wilayah sekitarnya. Namun demikian, Presiden Hollande itu tak jarang memilih berlibur tidak jauh dari rumahnya, yaitu di Pavillion de la Lanterne. Mungkin, sang presiden merasa nyaman bersantai di rumah seluas 10 hektar tersebut karena memiliki akses pribadi ke taman Istana Versailles. (Sahrudi/dari berbagai sumber. Foto: Istimewa)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.