Rabu, 13 November 19

Di MK, Ajakan Jokowi Berbaju Putih ke TPS Dianggap Pelanggaran Serius

Di MK, Ajakan Jokowi Berbaju Putih ke TPS Dianggap Pelanggaran Serius
* Ketua Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto. (Foto: Islampos)

Jakarta, Obsessionnews.com – Banyak hal yang dipersoalkan tim kuasa hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam sidang gugatan hasil Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). Salah satunya soal ajakan Presiden Jokowi ke TPS dengan memakai baju putih. Bagi kubu Prabowo itu pelanggaran serius.

“Bukan hanya melanggar asas pemilu yang rahasia, ajakan memakai baju putih untuk mencoblos di tanggal 17 April itu juga adalah pelanggaran serius atas asas pemilu yang bebas,” kata Ketua Tim Kuasa Hukum Prabowo-Sandi, Bambang Widjojanto, di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Pelanggaran serius yang dimaksud adalah ajakan ke TPS memakai baju putih pada 17 April melanggar asas rahasia sebagaimana diatur dalam Pasal 22 E ayat 1 UUD 1945. “Maka instruksi untuk memakai baju putih ke TPS pada tanggal 17 April 2019 jelas-jelas akan melanggar asas rahasia yang ditegaskan dalam Pasal 22 E ayat (1) UUD 1945,” ucapnya.

Selain itu, ajakan menggunakan baju menimbulkan tekanan psikologis dan intimidatif bagi pemilih yang tidak memilih paslon 01. Ajakan itu dinilai Bambang memiliki pengaruh psikologis yang mengganggu kebebasan rakyat dalam memilih jadi terbatas.

“Dan melanggar asas pemilu yang bebas,” tuturnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.